KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN OPERATOR SPBU 54.801.50
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i2.1896Keywords:
Operator Perempuan, SPBU, Komodifikasi TubuhAbstract
Perempuan memiliki nilai tanda dan nilai tukar yang dapat direpresentasikan pada era kini.Perihal tubuh, perempuan menjadi objek yang berpotensi untuk dieksplotasi sebagai nilai ekonomis yang tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan komodifikasi tubuh perempuan operator SPBU 54.801.50 di Denpasar.Pemilihan metode studi kasus dalam penelitian ini sangat tepat dikarenakan hanya SPBU 54.80.50 yang memperkerjakan perempuan sebagai operator dengan berpakaian seksi.Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis menggunakan model interaktif.Hasil dari penelitian ini adalah perempuan yang bekerja sebagai operator di SPBU 54.801.50cukup menerima apa yang telah ditetapkan oleh atasan untuk berpakaian seksi, adapun yang mempengaruhi memilih pekerjaan dengan ketentuan tersebut berasal dari faktor eksternal dan internal. Komodifikasi yang melekat pada perempuan operator tersebut dirasakan tidak berdampak pada pencitraan negative seorang perempuan.Hal itu dianggap sebagai bentuk strategi pemasaran dari para pemegang kekuasaan untuk mendapatkan hasil produksi yang diinginkan.
Downloads
References
Baudrillard, J. P. (2009). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta : Kreasi Wacana
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta
Bungin, B. (2011). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana
Evan, D.S. & P. (2004). Das Kapital untuk pemula. Jakarta : Resist Book
Martono, N. (2013). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik,Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: Rajawali Pers
Foucault, M. (2002).Kegilaan dan Peradaban. Yogyakarta: Ikon Teralitera
Piliang, Y. A. (2006). Konsumsi, Selera dan Perubahan Sosial, dalam
Adlin, Alfathri. 2006. Menggeledah Hasrat Sebuah Pendekatan Multi Perspektif. Yogyakarta: Jalasutra.
Astuti, S. I. (2005). Komunika :Warta Ilmiah Populer Komunikasi dalam Pembangunan. Jakarta: LIPI
Agung, M. (2013). Kapitalis Media, Jakara: Aura Pustaka
Ritzer, G. (2010). Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama : Araska.