Model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) pada pelaksanaan program gerdu kempling Cepogo, Gunungpati

Anindya Wahyu Wedarningrum, Riza Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi CIPP (context, input, process, product) pada program penanggulangan kemiskinan Gerdu Kempling (Gerakan Terpadu Di Bidang Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Infrastruktur dan Lingkungan) di kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati. Penelitian ini menggunakan analisis teori diffussion inovation dan development as freedom. Klasifikasi pemilihan informan dipilih berdasarkan klasifikasi pengambilan keputusan, pada validitas data menggunakan triangulasi sumber dengan klasifikasi berdasarkan pembagian keputusan dan pelaksana program. Hasil dari penelitian ini adalah Pemerintah Kota Semarang tidak berjalan sendiri, tetapi bersinergi dengan berbagai stakeholders, tetapi pada kenyataannya model gerdu kempling yang dibuat dirasakan kurang optimal dan belum dapat menjawab permasalahan yang terjadi pada masyarakat miskin kota Semarang. Hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaannya di pihak internal terdapat komunikasi yang kurang, seperti sosialisasi kepada masyarakat mengenai adanya program Gerdu Kempling sehingga mempengaruhi responsivitas masyarakat terhadap program/kegiatan yang dijalankan, selain itu terbatasnya bantuan dana dan sarana baik anggaran dari Pemkot Semarang maupun dari para stakeholders, masalah minimnya pendampingan yang dilakukan oleh fasilitator akhirnya mengakibatkan program pendampingan tidak berkelanjutan. Selain itu kurang adanya sinkronisasi antara bantuan yang diberikan dengan apa yang dibutuhkan oleh warga miskin sasaran program sehingga bantuan terkesan tidak tepat sasaran dan kurang.

Full Text:

PDF

References


Handayani, F. A., & Nur, M. I. (2019). Implementasi Good Governance Di Indonesia. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 11(1), 1-11. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/publica/article/view/7631

Indrianingrum, L. (2011). Respon masyarakat terhadap metode PNPM P2KP: pengalaman masyarakat Sadang Serang Kota Bandung. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 13(1), 61-70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jtsp/article/view/1333

Kriswibowo, A. (2018). Potensi Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Jawa Timur; Studi Tentang Social Capital Sebagai Sustainable Resources. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 1. http://sasanti.or.id/ojs/index.php/jda/article/download/38/66

Maulana, R. A., Warsono, H., Astuti, R. S., & Afrizal, T. (2022). Urban Farming: Program Pemanfaatan Lingkungan Untuk Pengembangan Pertanian Perkotaan di Kota Semarang. Perspektif, 11(4), 1329-1335.

Murdani, M., & Hadromi, H. (2019). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Jurnal Abdimas, 23(2), 152-157. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/17893

Napitupulu, D., Lubis, M. R., Revida, E., Putra, S. H., Saputra, S., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2020). E-Government: Implementasi, Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Rogers, M., & Rogers, M. (1998). The definition and measurement of innovation (Vol. 98). Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research Parkville, VIC.

Sen, A. (2014). Development as freedom (1999). The globalization and development reader: Perspectives on development and global change, 525.

Vickram, D. (2010). PROBLEMATIKA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA SEBANGAR KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].

Wang, V. X. (2010). Assessing and evaluating adult learning in career and technical education. IGI Global.


Article Metrics

Abstract has been read : 353 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i2.14577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats