PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE PADA GEN -Z DI UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi digital (X1) terhadap perilaku belanja online (Y) pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun.Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 330 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang berjumlah 49 soal. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (statistical product and service solutions). Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online dengan koefisien regresi sebesar 0,326 dan tingkat signifikansi 0,000. Secara simultan, variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 artinya berpengaruh terhadap variabel dependen. Dapat disimpulkan penelitian ini variabel literasi digital berpengaruh terhadap perilaku belanja online
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AK, Fatira, M., & Simamora, Ningrum,
Apriani, A. (2018). Kemudahan
Aplikasi Dan Keragaman Produk
Dalam Membentuk Keputusan
Pembelian Generasimilenial
Berbelanja Secara Online. 8(2).
Anggriyani, F. (2019). Pengaruh Media
Sosial Instagram Online Shop Terhadap
Perilaku Konsumtif Siswi SMAN 1
Makassar. MEDIALOG: Jurnal Ilmu
Komunikasi, II(II), 34–47.
Aslamiyah, Suwaibatul, E. (2020). Belanja
Online Sebagai Bagian Gaya Hidup
Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa
Fakultas Dakwah IAI Uluwiyah
Mojokerto). 3(1), 35–51.
Ayu, K. isdiyani, Heriawanto, K. B., &
Rochman, N. H. (2021). Tanggung
Gugat Penyedia Platfrom Marketplace
Terhadap Kebocoran Data Pribadi
Konsumen Pengguna Platform
Marketplace Di Indonesia. 27(2), 237–
Budiwati, Heni, B., & Mustofa. (2019).
Proses Literasi Digital Terhadap Anak:
Tantangan Pendidikan Di Zaman Now.
(1).
Creswell, W, J. (2014). Research Design
(4th ed.).
Harapan, Ansari, D., & Amanah, D. (2018).
Perilaku Belanja Online Di Indonesia:
Studi Kasus. 9(2).
Nurjannah, N., Rajab, Ahmad, Dadang, D.,
Basri, Hasan, Said, A., Rahmat,
Khairul, H., & Bastian, Arizal, O.
(2021). Urgensi Literasi Digital dalam
Menangkal Radikalisme pada Generasi
Millenial di Era Revolusi Industri 4.0.
(1), 126–133.
Yanto, A., Rusmana, A., & Nurjanah, E.
(2017). Hubungan Literasi Digital
Dengan Kualitas Pengguna E- Resource
Article Metrics
Abstract has been read : 2018 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.13447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.