PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE PADA GEN -Z DI UNIVERSITAS PGRI MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.13447Keywords:
Literasi Digital, Perilaku Belanja Online, perilaku konsumtif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi digital (X1) terhadap perilaku belanja online (Y) pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun.Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 330 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang berjumlah 49 soal. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (statistical product and service solutions). Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online dengan koefisien regresi sebesar 0,326 dan tingkat signifikansi 0,000. Secara simultan, variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 artinya berpengaruh terhadap variabel dependen. Dapat disimpulkan penelitian ini variabel literasi digital berpengaruh terhadap perilaku belanja online
Downloads
References
AK, Fatira, M., & Simamora, Ningrum,
Apriani, A. (2018). Kemudahan
Aplikasi Dan Keragaman Produk
Dalam Membentuk Keputusan
Pembelian Generasimilenial
Berbelanja Secara Online. 8(2).
Anggriyani, F. (2019). Pengaruh Media
Sosial Instagram Online Shop Terhadap
Perilaku Konsumtif Siswi SMAN 1
Makassar. MEDIALOG: Jurnal Ilmu
Komunikasi, II(II), 34–47.
Aslamiyah, Suwaibatul, E. (2020). Belanja
Online Sebagai Bagian Gaya Hidup
Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa
Fakultas Dakwah IAI Uluwiyah
Mojokerto). 3(1), 35–51.
Ayu, K. isdiyani, Heriawanto, K. B., &
Rochman, N. H. (2021). Tanggung
Gugat Penyedia Platfrom Marketplace
Terhadap Kebocoran Data Pribadi
Konsumen Pengguna Platform
Marketplace Di Indonesia. 27(2), 237–
Budiwati, Heni, B., & Mustofa. (2019).
Proses Literasi Digital Terhadap Anak:
Tantangan Pendidikan Di Zaman Now.
(1).
Creswell, W, J. (2014). Research Design
(4th ed.).
Harapan, Ansari, D., & Amanah, D. (2018).
Perilaku Belanja Online Di Indonesia:
Studi Kasus. 9(2).
Nurjannah, N., Rajab, Ahmad, Dadang, D.,
Basri, Hasan, Said, A., Rahmat,
Khairul, H., & Bastian, Arizal, O.
(2021). Urgensi Literasi Digital dalam
Menangkal Radikalisme pada Generasi
Millenial di Era Revolusi Industri 4.0.
(1), 126–133.
Yanto, A., Rusmana, A., & Nurjanah, E.
(2017). Hubungan Literasi Digital
Dengan Kualitas Pengguna E- Resource
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal EQUILIBRIUM Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya.
Jurnal Equilibrium has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
Fill out the form and submit via email or fax to the following address:
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Jl. Setia Budi No. 85 Madiun, East Java, Indonesia
Phone/Fax : +62351462986/+62351459400
email : equilibrium@unipma.ac.id