PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE PADA GEN -Z DI UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Diva - Aprilia, Novita Erliana Sari, Maretha Berlianantiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi digital (X1) terhadap perilaku belanja online (Y) pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun.Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 330 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang berjumlah 49 soal. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (statistical product and service solutions). Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belanja online dengan koefisien regresi sebesar 0,326 dan tingkat signifikansi 0,000. Secara simultan, variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 artinya berpengaruh terhadap variabel dependen. Dapat disimpulkan penelitian ini variabel literasi digital berpengaruh terhadap perilaku belanja online


Keywords


Literasi Digital; Perilaku Belanja Online; perilaku konsumtif.

Full Text:

PDF

References


AK, Fatira, M., & Simamora, Ningrum,

Apriani, A. (2018). Kemudahan

Aplikasi Dan Keragaman Produk

Dalam Membentuk Keputusan

Pembelian Generasimilenial

Berbelanja Secara Online. 8(2).

Anggriyani, F. (2019). Pengaruh Media

Sosial Instagram Online Shop Terhadap

Perilaku Konsumtif Siswi SMAN 1

Makassar. MEDIALOG: Jurnal Ilmu

Komunikasi, II(II), 34–47.

Aslamiyah, Suwaibatul, E. (2020). Belanja

Online Sebagai Bagian Gaya Hidup

Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa

Fakultas Dakwah IAI Uluwiyah

Mojokerto). 3(1), 35–51.

Ayu, K. isdiyani, Heriawanto, K. B., &

Rochman, N. H. (2021). Tanggung

Gugat Penyedia Platfrom Marketplace

Terhadap Kebocoran Data Pribadi

Konsumen Pengguna Platform

Marketplace Di Indonesia. 27(2), 237–

Budiwati, Heni, B., & Mustofa. (2019).

Proses Literasi Digital Terhadap Anak:

Tantangan Pendidikan Di Zaman Now.

(1).

Creswell, W, J. (2014). Research Design

(4th ed.).

Harapan, Ansari, D., & Amanah, D. (2018).

Perilaku Belanja Online Di Indonesia:

Studi Kasus. 9(2).

Nurjannah, N., Rajab, Ahmad, Dadang, D.,

Basri, Hasan, Said, A., Rahmat,

Khairul, H., & Bastian, Arizal, O.

(2021). Urgensi Literasi Digital dalam

Menangkal Radikalisme pada Generasi

Millenial di Era Revolusi Industri 4.0.

(1), 126–133.

Yanto, A., Rusmana, A., & Nurjanah, E.

(2017). Hubungan Literasi Digital

Dengan Kualitas Pengguna E- Resource


Article Metrics

Abstract has been read : 2018 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.13447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats