Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika
DOI:
https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1590Keywords:
media pembelajaran, statistika, multimedia, moodleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model pembelajaran statistika dengan mengkombinasikan antara teori dan praktik serta memanfaatkan aplikasi software SPSS dengan tutorial multimedia pada mahasiswa Teknik Informatika di Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, dengan mengambil sampel sebanyak 23 mahasiswa semester 2 pada mata kuliah Statistik di Program Studi Teknik Informatika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yang berasal dari dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pembelajaran statistik berbasis praktikum aplikasi software SPSS dengan bantuan multimedia membantu mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dasar statistik, langkah-langkah analisis dengan program SPSS serta cara membaca makna angka statistik dari hasil pengolahan data. Hasil Penelitian Tindakan Kelas memberikan informasi bahwa kemampuan mahasiswa dalam menjalankan aplikasi SPSS dan cara membaca makna angka statistik dari output SPSS dinilai cukup baik dan mengalami peningkatan dari siklus satu. Untuk pembelajaran statistik berbasis praktikum aplikasi software SPSS dengan bantuan multimedia perlu dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Moodle. Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran ke dalam bentuk web
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
27-02-2018
Issue
Section
Articles
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Â