THE EFFECT OF BEHAVIORAL AND PERFORMANCE ASPECTS OF EDUCATOR ACCOUNTANTS ON THE ACCOUNTING STUDENTS’ COMPETENCE

Denny Kurnia

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of behavioral and performance aspects of educator accountants on the competence of accounting students at universities throughout Banten Province. The method used is descriptive and associative quantitative. The results of the descriptive analysis showed that the behavioral aspect of the perception dimension variable had the highest average value, the lowest motivation dimension. The variable of educator accountants' performance of the collaboration dimension had the highest average value and the lowest of higher education Tridharma output quality dimension. The variable of accounting students' competence in the dimension of learning to live together has the highest average value, and the dimension of learning to understand is the lowest. The results of the associative analysis were obtained simultaneously that the behavioral and performance aspects of educator accountants affect the competence of accounting students.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek keperilakuan dan kinerja akuntan pendidik terhadap kompetensi mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi se-Provinsi Banten. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan asosiatif. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pada variabel aspek keperilakuan dimensi persepsi memiliki nilai rata-rata tertinggi, dimensi motivasi terendah. Variabel kinerja akuntan pendidik dimensi kerja sama memiliki nilai rata-rata tertinggi, dimensi kualitas output tridarma perguruan tinggi terendah. Variabel kompetensi mahasiswa akuntansi dimensi learning to live together memiliki nilai rata-rata tertinggi, dimensi learning to understand terendah. Hasil analisis asosiatif diperoleh secara simultan aspek keperilakuan dan kinerja akuntan pendidik berpengaruh terhadap kompetensi mahasiswa akuntansi.


Keywords


Behavioral Aspects; Educator Accountant Performance; Accounting Students’ Competence; Aspek Keperilakuan; Kinerja Akuntan Pendidik; Kompetensi Mahasiswa Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Akib, M. Akib, M., & Asni, N. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik Pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, VII(1), 1–13.

Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran student-centered learning dan kemampuan spasial. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22, 454–466.

Hariani, D. S., & Sudrajat, M. A. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa Terhadap Penggunaan Teknologi Accounting Information System Pada Desa-Desa Di Kabupaten Madiun. Assets Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 5, 113–128.

Harris, L., & Mardiyati, E. (2013). Atas Sistem Aplikasi Enterprise Resource Planning. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL), 4(1), 55–74.

Irwandi. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik (Dosen Akuntansi) (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi & Keuangan, 7(1).

Ismail, Hasan, & Musdalifah. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Maspul Journal of Community Empowerment Jurnal Pengabdian Masyarakat Massenrempulu, 2(February), 8–17. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48

Ismail, T. (2018). Kesenjangan Harapan Keterampilan Yang Dimiliki Oleh Sarjana Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11(2), 138–147. https://doi.org/10.35448/jrat.v11i2.4251

Laksmi, A. C., & Febrian, R. S. (2018). Faktor-faktor penentu tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 22(1), 25–35. https://doi.org/10.20885/jaai.vol22.iss1.art3

Mardjono, E. S., & Solikhan, B. (2014). Profesionalisme Akuntan Pendidik : Perspektif Atau Triger Kualitas Lulusan Akuntansi Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Journal of Accounting and Auditing, 11(1), 103–119. https://doi.org/10.14710/jaa.v11i1.9701

Meilisa, F., & Ludigdo, U. (2010). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Etika Akuntan Pendidik di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 223–238. https://doi.org/10.18202/jamal.2010.08.7091

Mukmin, M. & Wulansari, H. (2017). Akuntabilitas Kinerja Akuntan Pendidik Berdasarkan Kompetensi Akuntan dan Etika Profesional (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bogor). Jurnal Akuinida, 3, 57–65.

Muliawat. (2012). Aspek keperilakuan dalam akuntansi keuangan. Bina Ekonomi, 16(2), 84–92.

Murniasih, N. S., & Purnamawati, I. G. A. (2015). Analisis Perbedaan Persepsi Terkait Kompetensi Lulusan S1 Akuntansi UniversitasPendidikan Ganesha e-Journal Ak S1 Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal Ak S1 Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Nahartyo, E. (2016). Menghindari Krisis Legitimasi : Kebijakan Pendidikan Avoiding Crisis of Legitimacy : Accounting Education Policy From. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(2).

Purnama, D., & Azizah, S. N. (2019). Implementasi Sistem Keuangan Desa Berbasis Akuntansi Keperilakuan. Jurnal Kajian Akuntansi, 3(2), 160. https://doi.org/10.33603/jka.v3i2.2606

Riczqi, T., Putri, S., & Harto, P. (2012). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dan Akuntan Pendidik Terhadap Kompetensi Yang Dibutuhkan Lulusan Akuntansi. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 861–869.

Sarmigi, E., & Andriadi, D. (2019). Analisis penerapan akuntansi keperilakuan terhadap mahasiswa akuntansi stie sakti alam kerinci 1,2. Jurnal Benefita, 4(November 2018), 51–69. https://doi.org/10.22216/jbe.v4i1.3834

Sawitri, A. P. (2017). Peran Akuntan Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme Calon Akuntan. 4(2), 146–155.

Suryanti, & Arfah, E. A. (2019). Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik,. Atestasi Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1–10.

Syamsuddin. (2019). Determinan Pemahaman Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 148–160.

Wibowo. (2014). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirianata, H. (2017). Kompetensi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea ). Jurnal Ekonomi, 22(3). https://doi.org/10.24912/je.v22i3.278


Article Metrics

Abstract has been read : 823 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v10i2.6037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Denny Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter