Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman di Indonesia

Febrianty Febrianty, Jovan Febriantoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap profitabilitas perusahaan sektor makanan dan minuman di Indonesia. Intelectual Capital terdiri dari variabel: Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital (STVA) sedang profitabilitas diproksikan dalam Net Profit Margin (NPM). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016. Jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan sektor makanan dan minuman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan intellectual capital (VACA, VAHU, STVA) berpengaruh terhadap profitabilitas (NPM) perusahaan sektor makanan dan minuman di Indonesia secara simultan. Sedangkan secara parsial proksi dari intellectual capital, hanya variabel VACA yang berpengaruh secara parsial terhadap NPM (proksi profitabilitas). Dengan demikian penelitian ini mendukung bahwa untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan salah satunya peningkatan kontribusi manajemen melalui peningkatan produktivitas knowledge work and workers.


Keywords


Modal Intelektual; Pengungkapan; VACA; VAHU; STVA; NPM

Full Text:

PDF

References


Alexandri, M.B. (2008). Manajemen Keuangan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, Sigit dan Maharis Budi Wahyuaji. 2013. Analisa Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kemampulabaan Perusahaan Manufaktur Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia. Call for Paper 2013: Bidang Akuntansi.pp. 271-282. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Kartika, Martha dan Saarce Elsye Hatane. 2013. Pengaruh Intellectual Capital Pada Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2007-2011. Business Accounting Review, Vol. 1 NO.2.

Mayo, A. (2000). The Role of Employee Development in The Growth of Intellectual Capital. Personal Review, 29 (4).

Nazari, Jamal A., Irene M. Herremans, Robert G. Isaac, Armond Manassian, Theresa J.B. Kline. 2011. Organizational culture, climate and IC: an interaction analysis, Journal of Intellectual Capital, Vol. 12 Iss: 2 pp. 224 - 248.

OECD. 2008. Intellectual assets and value creation – Synthesis Report, Paris.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 19 (Revisi 2015), Salemba Empat. Jakarta.

Pulic. 2008. The Principle of Intellectual Capital Efficiency - A Brief Description. The Economist. Economist Intelligence Unit. www.vaic-on.net/download/Casestudies/principles_2008.pdf.

Putra, I Gede Cahyadi. 2012. Pengaruh Modal Intelektual pada Nilai Perusahaan Perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. Vol. 2. (Desember). No. 1:1-22.

Sigit Hermawan dan Ummy Imaniar Mardiyanti. 2016. Intellectual Capital Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur High Ic Intensive. BENEFIT Jurnal Managemen dan Bisnis. Volume 1, Nomor 1, Juni 2016: 70-78.

Sudibya, Diva Cicilya Nunki Arum dan MI Mitha Dwi Astuti 2014. Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 18, Nomor 1, Juni 2014, hlm. 14 - 29.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsih, Ni Made., dan Ni Putu Yuria Mendra. 2012. Pengaruh Moal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XV. Vol 1 No. 2.

Tan, H.P., D. Plowman, P. Hancock, 2007. “Intellectual capital and financial returns of companies. Journal of Intellectual Capital. Vol. 8 No. 1. pp. 76-95.

Ulum, Ihyaul. 2009. Intellectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Warno. (2011). Intellectual Capital: Perspektif Pengakuan, Pengukuran, dan Implementasi. Jurnal STIE Semarang, 3 (3).

Wijaya, Shearly Putri. 2012. Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi–Vol. 1, No. 3, Mei 2012.

Yudianti, Ninik., FR. 2000. Pengungkapan Modal Intelektual untuk Meningkatkan Kualitas Keterbukaan Pelaporan Keuangan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 2, No. 3, hal 271-283.


Article Metrics

Abstract has been read : 2762 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v7i1.1649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Febrianty Febrianty, Jovan Febriantoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter