ANALISIS PERBANDINGAN MODEL SPRINGATE DAN ALTMAN Z SCORE TERHADAP POTENSI FINANCIAL DISTRESS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Anggi Meiliawati, Isharijadi Isharijadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil prediksi potensi financial distress antara model Springate dan model Altman Z Score serta untuk mengetahui model dengan tingkat akurasi tertinggi dalam memprediksi potensi financial distress perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis paired sampel t-test.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Springate dan Altman Z Score terdapat perbedaan signifikan dalam memprediksi potensi financial distress pada perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, hal ini dikarenakan penggunaan rasio yang berbeda dalam perhitungan tingkat kesulitan keuangan.  Hasil berikutnya menunjukan bahwa model Springate merupakan model terakurat dalam memprediksi potensi financial distress perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan presentase akurasi sebesar 91,66%, dimana tingkat akurasi model Altman hanya sebesar 60,41%, hal ini dikarenakan dalam model Springate menggunakan rasio Earning Before Taxes to Current Liabilities (EBTCL), dimana rasio ini dinilai lebih dominan dalam mencerminkan kondisi perusahaan sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 



Keywords


Model Springate; Model Altman Z Score; Financial Distress

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Altman, E.I. (1968). Financial Ratios, Discriminant Analysis and The Prediction of Corporate Bankruptcy. The Jurnal of Finance,vol.XXIII,No.4, Sept.https://perpus.go.id//. Diunduh pada 3 Maret 2016.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baridwan, Z. 2010. Intermediate Accountig Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

Brigham, E., dan Houston, J. 2010.Dasar – Dasar Manajeman Keuangan,Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Darsono. 2008. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Devi, K., dan Merkusiwati. 2014 .Analisis Komparasi Potensi Kebangkrutan dengan Metode Z-Score Altman, Springate, dan Zwijewski Pada Industri Kosmetik Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 7.1(2014):48-63. https://propragandajurnal.com//. Diunduh pada 23 Maret 2016.

Fachrudin, Khaira,M. 2008. Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Personal. Medan: USU Press.

Fahmi, I. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fitra, H. 2015. Analisis Komparasi Model Prediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. SNEMA-2015. Padang. https://sekolahjurnal.co.id//. Diunduh pada 12 Maret 2016.

Hasanah, Nur. 2010. Analisis Rasio Keuangan Model Altman dan Model Springate sebagai Early Warning Sistem terhadap prediksi Kondisi Bermasalah pada bank Go Public. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. https://Jurkomuin.co.id.//. Diunduh pada 2 Maret 2016.

Ilhamdi, Taufik. 2016. Analisis Perbandingan Model Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Model Altman Modifikasi, Springate, Zmijewski Dan Grover ( Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bei ).Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand. https://jurnalakuntansiupt.co.id.//. Diunduh pada 2 Maret 2016.

Kamal, Mustafa, I.2012.Analisis Prediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Perbankan Go Public di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Makasar: Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. https://kumpulanskripsilengkapco.id.//. Diunduh pada 6 Maret 2016.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajeman Keuangan. Jakarta: Kencana.

Meita, Elvinna, M.F. 2016. Analisis Penggunaan Metode Altman, Springate, Dan Zmijewski Dalam Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan Pertambangan Batubara Periode 2012-2014.Surabaya :Jurusan S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Munawir, S. 2010. Analisa LaporanKeuangan. Yogyakarta: Liberty.

Plat, H., dan Plat, M., 2006.Understanding Differences Between Financial Distress and Bankruptcy. Review of Applied Economics, Vol. 2, No. 2,(2006): 141-157. https://financialeconomic.co.id//. Diunduh pada 6 Maret 2016.

Prihathini N., dan Ratna Sari. 2013. Prediksi kebangkrutan dengan model Grover, Altman Z-Score, Springate dan Zwijewski pada perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia. E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.ISSN 2302-8556.https://perpustakanjurnal.com//. Diunduh 6 Maret 2016.

Rismawaty. 2012. Analisis Perbandingan Model Prediksi Financial Distress Altman, Springate, Ohslon, dan Zwijewski. Makasar: JurusanAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.https://kumpulanskripsilengkap.co.id//. Diunduh pada 6 Maret 2016.

Riyanto, B. 2010.Dasar- Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Santosa, S, dan Ida. 2011. Analisis Kebangkrutan dengan Model Springate.Media Bisnis. Universitas Kristen Maranatha. https://jurnalakuntansiupt.co.id.//. Diunduh pada 2 Mei 2016.

Sartono, A. 2010.Manajeman Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sarwono, J. 2009. Statistik Itu Mudah : Panduan Lengkap Untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Sarwono, J., dan Suhayati, E. 2014. Riset Akuntansi Menggunakan SPSS. Bandung: Graha Ilmu.

Savitri, Dita, W. 2012. Analisis Prediktor Kebangkrutan Terbaik dengan Menggunakan Metode Altman, Springate, dan Zwijewski Pada Perusahaan Delisting dari Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 (Studi Laporan Keuangan Tahun 2007-2011). Universitas Telkom.https://jurkomakuntasidanumum.co.id//. Diunduh pada 1 Maret 2016.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi17. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sudana, M. 2011. Manajeman Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Surabaya: Penerbit Erlangga.

Subramanyam, K.R., dan Wild, John J. 2012. Analisis Laporan Keuangan: Financial Statement Analysis Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

_______ .2010. Analisis Laporan Keuangan: Financial Statement Analysis Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Syafitri, L., dan Triniadi. 2016. Analisis Komparasi dalam Memprediksi Kebangkrutan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Palembang: Jurusan Manajeman Keuangan STIE MDP.

Wulandari, V., dkk. (2014). Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Ohslon, Fulmer, CA-Score dan Zwijewski dalam Memprediksi Financial Distress. JOM FEKON Vol.1, No.2 Oktober.https://mediabaca.co.id//. Diunduh pada 4 Maret 2016.

http://m.wikipedia.com//

http://www.idx.co.id


Article Metrics

Abstract has been read : 11874 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v5i1.1183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter