Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Integral Tak Tentu di Kelas Xi MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri Mojokerto

Mokhamad Agus Salim

Abstract


Keaktifan dan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri pada materi integral tak tentu masih rendah. Oleh karenanya perlu dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan model problem based learning, pada  materi integral tak tentu di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Puri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualiats pembelajaran berdasarkan indikator skor keterlaksanaan RPP dari 2.4 (cukup) naik menjadi 3.45 (baik), aspek keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan dari 77.78% (aktif) menjadi 93.33% (sangat aktif), dan ketuntasan hasil belajar meningkat dari 69.44% menjadi 88.89% pada siklus kedua.

Keywords


problem based learning, integral tak tentu, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sabri. (2007). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT. Ciputat Press

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., dan Sugandi, A.I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Peserta didik Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika. 2, (1), 144-153.

Johnson, Richard. (2007) Applied Multivariate Statistical Analysis, Prentice Hall, United States of America.

Komariyah, Siti dkk. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Peserta didik. Sosiohumaniora. Vol. 4, No. 1, Februari 2018.

Muslich, Mansur. (2007). KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksar

Nandika, Dodi. (2007). Pendidikan di tengah Gelombang Perubahan Cetakan 1. LP3ES: Jakarta.

Nurkaeti, Nunuy (2018) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Open-Ended Berbasis Metakognitif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizki Amalia. (2013). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Fisika Dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Pada Pembelajaran Dengan Model Problem based learning (PBL). Skripsi. Universitas Medan.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyitno, Amin. (2007). Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah, Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan-Depag.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 290 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats