Nilai karakter dan kearifan lokal dalam cerita rakyat di Kabupaten Ngawi serta sumbangannya bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Anik Sulistyaningsih Universitas PGRI Madiun
  • Bambang Eko Hari Cahyono Universitas PGRI Madiun
  • Lulus Irawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14059

Keywords:

Nilai Karakter, Kearifan Lokal, Cerita Rakyat, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan nilai karakter cerita rakyat dalam Buku Ngawi Bertutur (2) mendeskripsikan nilai kearifan lokal cerita rakyat dalam Buku Ngawi Bertutur (3) mendeskripsikan sumbangan cerita rakyat bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sumber data dari penelitian ini adalah buku “Ngawi Bertutur†karya Karya Dukut Imam Widodo  dan Tjahjono Widijanto, yang berjumlah 296 halaman, diterbitkan oleh Dukut Publishing, cetakan pertama tahun 2017. Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Non tes menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1)Nilai-nilai pendidikan karakter yang telah didapatkan dalam Buku Ngawi Bertutur yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu,semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan peduli sosial diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran Sastra Indonesia. 2)Nilai-nilai kearifan lokal yang telah didapatkan dalam Buku Ngawi Bertutur yaitu Ngawi berasal dari kata Awi yang berati bambu. Bambu tumbuhan sederhana, yang lentur diterpa angin, akarnya terap kuat menancap di tanah. Sebagai generasi muda kita harus berpikiran maju sesuai dengan jaman sekarang, namun tetap memperhatikan tatakrama atau aturan yang berlaku di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aceng Joyo(2018) Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Keaifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter at : https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193

Al-Pansori dkk. 2014. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Sasak(Pendekatan Pragmatik).Vol. 9 (No.2, 307-325).

Fajarini.(2014). Kearifan lokal adalah warisan masa lalu yang berasal dari leluhur, yang tidak hanya terdapat dalam sastra tradisional (sastra lisan atau sastra tulis)

Faisol, dkk. 2017. Kearifan lokal dalam cerita rakyat sebagai media pendidikan karakter untuk Membentuk Literasi Moral Siswa. Journal homepage http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika

Melasarianti dkk (2018). Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Cerita Rakyat Banjarnegara dan Relevansinya Sebagai Buku Penunjang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA.

Nasution dkk (2018). Bahasa dan sastra Indonesia harus menjadi sebuah bahasa yang memiliki daya tarik sekaligus memberikan manfaat untuk dipelajari dan dikuasai masyarakat

Sanubarianto dkk (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Kakak Beradik Tange dan Berei. http://jurnalingko.kemdikbud.go.id/index.php/JURNALLINGKO

Subiyantoro. 2012. Membangun Karakter Bangsa melalui Cerita Rakyat Nusantara (Model Pendidikan Karakter Untuk Anak MI Awal Berbasis Cerita Rakyat dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam). Pendidikan Agama Islam. Vol.IX(No.1, 98-114).

Sugiyono.2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Suryaman. (2010). Pendidikan karakter Melalui Pembelajaran Sastra,

S.S. Hutomo (1991). Cerita rakyat adalah cerita yang diwariskan secara turun temurun.

Wibowo. (2013). Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan dan mengembangkan karakter-karakter luhur kepada anak didik

Wijayanti, D.M., dkk. (2019). Mobile Learning Media Bermuatan ethnoscience. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Waridah, E,S.S (2017). Peribahasa, Pantun, & Majas. Jakarta Selatan: Bmedia.

Wartik. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Air Saleh. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2: 66.

Downloads

Published

2022-10-05

Issue

Section

Articles