Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Daring Media Whatsapp Group dengan Media Blogspot terhadap Hasil Belajar IPS

Ahmad Amarudin, Muhammad Hanif, Sudarmiani Sudarmiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Metode penelitian yang digunakan adalah true-eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Somoroto yang berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda atau uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media whatsapp memperoleh nilai rata-rata sebesar 78 dan nilai standart deviasi sebesar 8,104 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini adalah antara 1-8 poin. Hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media blogspot memperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dan nilai standart deviasi sebesar 10,483 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini sangat besar yaitu antara 1-10 poin. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung dengan ttabel adalah 3,658 > 2,056.


Keywords


Whatsapp Group; Blogspot; Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Afnibar dan Fajhriani. 2020. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020.

Anugrahana Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289.

Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bilfaqih, Y & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. 131.

Dewi Wahyu A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020.

Julianto. 2011. Model Pembelajaran IPA. Surabaya: Unesa University Press.

Lukmana. 2013. Guru GO BLOG. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Mulyono Tj. 1980. Pengertian dan Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud

Panjaitan. 2013. Mengelola Blog Sebagai Media Pembelajaran Online.Yogyakarta : Leutikaprio

Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Asran, dan Tirtowati. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V. Jurnal UNTAN Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sartonoo. 2016. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Jurnal ransformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016

Sarwono, Santosa, dan Soegiyanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pengetahuan Bencana Alam Di Indonesia Dan Perilaku Cinta Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun 2015. Universitas Sebelas Maret: Jurnal GeoEcool. 2, No. 2 (Juli 2016) Hal. 184-197.

Setyosari Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistikauntuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumiati dan Asra, 2010. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yulaelawati, 2007.Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.


Article Metrics

Abstract has been read : 409 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats