Implementasi Prototipe Sila (Social Media Self Development Indonesia) dalam Design Thinking Digital Product Development
DOI:
https://doi.org/10.25273/research.v4i2.9938Keywords:
Design thinking, Media sosial, Prototyping, SILA, Usability, Wireframing.Abstract
Pengembangan diri merupakan hal penting untuk menjadi pribadi yang produktif di era berkembangnya teknologi. pengembangan diri menjadi potensi dan kesiapan diri, yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi. “SILA†Sosial Media Self Development Indonesia merupakan aplikasi pengembangan diri berbasis sosial yang dikhususkan untuk generasi muda di Indonesia. Implementasi pendekatan Design thinking dengan tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototyping, dan Testing menghasilkan konsep sosial media pengembangan diri dimana pengguna dapat melakukan Publish karya sendiri, bergabung di komunitas yang memiliki concern yang sama, saling memberikan motivasi terhadap karya orang lain dengan Fitur yang terdiri dari Upload Foto & Video, Pemberian Caption, menambah pertemanan, pemberian komentar, dan dapat mengkomersilkan karya. Hasil uji kemenarikan desain user interface SILA dari hasil penerapan sketch, wireframe , dan desain UX UI SILA mendapatkan prosentase 64,7% setuju, dan 35,3 % sangat setuju bahwa user interface Sila menarik
Downloads
References
I. Gunawan and H. Argadinata, “Dampak pembelajaran berkarakter terhadap penguatan karakter siswa generasi milenial,†JAMP, vol. 3, no. 2019, pp. 160–170, 2020.
S. Zuhri, “PENTINGNYA BUDAYA LITERASI MEDIA DAN AKTUALISASI BELA NEGARA GENERASI MILENIAL,†PUBLIC Adm. J. Res., vol. 2, no. 4, pp. 393–405, 2020.
U. Hasanah, “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI KALANGAN GENERASI MILLENIAL UNTUK MEMBENDUNG DIRI DARI DAMPAK NEGATIF REVOLUSI INDUSTRI 4.0,†PEDAGOGY, vol. 8, no. 1, pp. 52–59, 2021.
M. Aminullah and M. Ali, “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ERA 4 . 0,†Komunike, vol. 7, no. 1, pp. 1–23, 2020.
D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0,†Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020.
H. Sazali, F. Rozi, P. Edward, and T. Hall, “Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial Online Shopping and Digital Living Culture Traps in Millennial Communities,†SIMBOLIKA, vol. 6, no. 2, 2020.
J. P. Malahayati et al., “Peran kecerdasan budaya dan kepribadian terhadap perilaku konsumtif online generasi milenial yang merantau di jakarta,†Psikol. Malahayati, vol. 2, no. 2, pp. 57–71, 2020.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,†Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 2, p. 219, 2018.
A. R. Setiadi, “Perancangan UI / UX menggunakan pendekatan HCD ( Human-Centered design ) pada website Thriftdoor,†AUTOMATA, vol. 1, no. 2, 2020.
D. Setiawan and S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,†vol. 2, no. 1, pp. 71–78, 2020.
P. Utomo, “Pendekatan Object Oriented UX pada Perancangan Aplikasi Manajemen Order,†in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) ke 4, 2020, pp. 230–235.
D. Derisma, “The Usability Analysis Online Learning Site for Supporting Computer programming Course Using System Usability Scale (SUS) in a University,†Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 14, no. 9, p. 182, 2020.
L. Domingo, D. Moore, D. Sirkin, G. Toye, L. Leifer, and M. Cutkosky, “STRATEGIC PROTOTYPING TO LEARN IN STANFORD UNIVERSITY’S ME310 DESIGN INNOVATION COURSE,†Proc. Des. Soc. Des. Conf., vol. 1, pp. 1687–1696, May 2020.
I. Permata Sari and S. Analia Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,†2020.
G. Reflin, “EVALUASI BISNIS STARTUP SUKA-GRAFIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING,†2020.
D. Buschek, C. Anlauff, and F. Lachner, “Paper2Wire – A Case Study of User-Centred Development of Machine Learning Tools for UX Designers,†i-com, vol. 20, no. 1, pp. 19–32, Apr. 2021.
J. Li, G. W. Tigwell, and K. Shinohara, “Accessibility of high-fidelity prototyping tools,†Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., May 2021.
V. P. Sermuga Pandian, S. Suleri, C. Beecks, and M. Jarke, “MetaMorph: AI Assistance to Transform Lo-Fi Sketches to Higher Fidelities,†ACM Int. Conf. Proceeding Ser., pp. 403–412, Dec. 2020.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,†J. Digit, vol. 10, no. 2, pp. 208–219, Dec. 2020.
M. U. A. Iryanto, W. H. N. Putra, A. Dwi, and Herlambang, “Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7708–7716, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).