Evaluasi Usability Situs Web Kemenkumham Kantor Wilayah Jambi dengan Metode Usability Test dan System Usability Scale

Beny Beny, Herti Yani, Gessy Mahargya Ningrum

Abstract


Situs Kemenkumham Jambi merupakan situs yang memberikan informasi mengenai profil Kanwil Kemenkumham Jambi dan memberikan layanan pengaduan yang dapat di akses oleh masyarakat. Permasalahan yang ditemukan adalah tidak semua informasi tersedia didalam situs tersebut dan sebagian masyarakat belum banyak yang mengetahui fungsi dari layanan yang ada pada situs tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kegunaan (Usability) dari sebuah situs dengan menggunakan metode Usability Testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS). Perhitungan dilakukan dengan cara  menganalisis skenario yang telah diselesaikan dan menganalisis kuesioner pada masyarakat Jambi, kemudian dihitung berdasarkan rumus System Usability Scale (SUS). Selanjutnya, hasil perhitungan dari kuesioner SUS dan Task Skenario yang telah dijalani dan disebarkan kepada 30 responden dijadikan dasar dalam merumuskan saran dan rekomendasi yang tepat. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah saran dan rekomendasi Usability dari tampilan Interface sebuah situs Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jambi

Full Text:

PDF

References


M. Matera, R. Francesca, dan G. T. Carughi, Web usability: Principles and evaluation methods. Berlin, Heidelberg: Springer, 2006.

A. Sonderegger dan J. Sauer, “The influence of design aesthetics in usability testing: Effects on user performance and preceived usability,” Appl. Ergon., vol. 3, no. 41, hal. 403–410, 2010.

J. Nielsen dan M. Tahir, Homepage usability: 50 websites deconstructed. New Riders Publishing, 2001.

R. Pamungkas dan S. Saifullah, “Evaluasi Kualitas Website Program Studi Sistem Informasi Universitas PGRI Madiun Menggunakan Webqual 4.0,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 22, Feb 2019.

J. Nielsen, Usability inspection methods. ACM, 1994.

C. M. Barnum, Usability testing essentials: ready, set... test! Elsevier, 2010.

J. Nielsen, Designing web Usability: The practice of simplicity. New Riders Publishing, 1999.

A. Bangor, P. T. Kortum, dan J. T. Miller, “An empirical evaluation of the system usability scale,” Intl. J. Human-Computer Interact., vol. 24, no. 6, hal. 574–594, 2008.

W. Albert dan T. Tullis, Measuring the user experience: Collecting, Analyzing and Presenting Usability Metrics, Newnes. 2008.

J. Brooke, “SUS-A quick and dirty usability scale,” Usability Eval. Ind., vol. 189, no. 194, hal. 4–7, 1996.

J. Sauro dan J. R. Lewis, Quantifying the user experience: Practical statistics for user research. Morgan Kaufmann, 2016.

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, hal. 17–21, 2018.

K. Finstad, “The system usability scale and non-native english speakers,” J. usability Stud., vol. 1, no. 4, hal. 185–188, 2006.

A. Bangor, P. Kortum, dan J. Miller, “Determining what individual SUS scores mean: Adding an adjective rating sclae,” J. usability Stud., vol. 4, no. 3, hal. 114–123, 2009.


Article Metrics

Abstract has been read : 6496 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v2i1.4282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.