Analisis berpikir probabilistik dalam menyelesaikan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 04 Kaliwuluh

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7069

Keywords:

Berpikir Probabilistik, Level Berpikir Probabilistik, Masalah Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir probabilistik peserta didik kelas V SD Negeri 04 Kaliwuluh dalam menyelesaikan masalah matematika berkaitan dengan geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir probabilistik peserta didik berada pada tiga level berpikir probabilistik yaitu level satatistik, transisional dan kuantitatif Informal. Pada level subjektif, dimana pemikiran peserta dalam menyelesaikan masalah matematika didasarkan pada alasan subjektif dari peserta didik yang bersumber dari asumsi, pemahaman awal peserta didik tentang materi dan pendapat individu itu sendiri. Level transisional ditandai dengan pemikiran peserta didik yang mulai menunjukkan perkembangan dengan memunculkan sketsa gambar dan perhitungan matematis yang didasarkan pada alasan subjektif untuk menyelesaikan masalah matematika. Selanjutnya level kuantitatif informal peserta didik telah mampu mendaftar semua anggota ruang sampel dan menuliskan notasi angka jumlah anggota ruang sampel dengan menggunakan pola tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9-18.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156.

Hidayati, Y. M. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Kartu Kemudi Pintar Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 11 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta, 11 Mei 2013: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://hdl.handle.net/11617/5372

Hidayati, Y. M. (2017). Berpikir matematis di lingkungan psikososial yang ramah anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) Ke-2. Mataram, 3 Agustus 2017: Hotel Jayakarta Senggigi. http://hdl.handle.net/11617/9588

Hodnikcadez, T., & Skrbec, M. (2011). Understanding the concepts in probability of pre-school and early school children. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 7(4), 263-279.

Jones, G. A., Langrall, C. W., Thornton, C. A., & Mogil, A. T. (1999). Students Probabilistic thinking in instruction. Journal for Research in Mathematics Education, 30(5), 487-519.

Sari, D. I. (2020). Berpikir probabilistik siswa sekolah dasar (sd) dalam menyelesaikan tugas probabilitas berbasis teknologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11.

Sari, D. I. (2020). Berpikir probabilistik siswa sekolah dasar (sd) dalam menyelesaikan tugas probabilitas berbasis teknologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11.

Sari, D. I. (2015). Profil Berpikir probabilistik siswa sekolah dasar (sd) berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan tugas probabilitas. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 9(2).

Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018). Analisis Penyelesaian tugas probabilitas siswa sd ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan gender. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 124-139.

Savard A. (2014) Developing Probabilistic Thinking: What About People’s Conceptions? In: Chernoff E., Sriraman B. (eds) Probabilistic Thinking. Advances in Mathematics Education. Springer, Dordrecht. http://doi-org-443.webvpn.fjmu.edu.cn/10.1007/978-94-007-7155-0_15

Sharma S. (2014) Cultural Influences in Probabilistic Thinking. In: Chernoff E., Sriraman B. (eds) Probabilistic Thinking. Advances in Mathematics Education. Springer, Dordrecht. http://doi-org-443.webvpn.fjmu.edu.cn/10.1007/978-94-007-7155-0_35

Sholihah, S. Z., & Afriyansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir van hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Sufianti, V. S. (2019). Penerapan tema insidental pada pembelajaran di kurikulum 2013. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 19-24.

Tsakiridou, H., & Vavlya, E. (2015). Probability Concepts in primary school. American Journal of Educational Research, 3(4), 535-540.

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles