Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran kids atletik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189

Keywords:

Lompat Jauh, Pembelajaran, Kids Atletik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui gambaran pengaruh pembelajaran kids atletik terhadap keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SDN 1 Linggasari Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas V di SDN 1 Linggasari Purwakarta yang berjumlah 49 terdiri dari 2 kelas, dengan sampel yang digunakan sebanyak 25 orang dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan lompat jauh gaya jongkok yang menekankan pada penilaian proses. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan program SPSS 16. Adapun hasil penelitiannya menunjukan bahwa nilai signifikansi pada pengujian hipotesis adalah sebesar 0,000 < 0,05. Artinya adalah bahwa pembelajaran kids atketik dapat memberikan pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan lompat jauh gaya jongkok bagi siswa kelas V SDN 1 Linggasari Purwakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Akhmad Sobarna, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan

Departement of Master Program in Physical Education

Sumbara Hambali, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan

Departemen of Physical Education, Health and Recreation

References

Aditya, R., Helmi, B., & Usman, K. (2019). Pengembangan Peralatan Modifikasi Atletik Pada Pembelajaran PJOK Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2), 17–23. Retrieved from https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JSBG/article/view/63/78

Anwar, F. (2016). Mencetak Anak Jenius dan Cerdas. Surabaya: SIC.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih, S. C. T., Tarigan, H., & Jubaedi, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Alat Modifikasi Siswa SD. JUPE: Jurnal Penjaskesrek, 7(2).

Bahagia, Y. (2010). Kids Atletik. Jakarta: Depdiknas.

Budi, H. S. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Dalam Latihan Lompat Terhadap Prestasi Lompat Jauh Siswa Di SPN N 2 KaIasan Tahun 2013 (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/16325/

Charles, J. S., & Abdel, M. E. (2013). Educational Card Kids’ Athletic. Retrieved January 21, 2020, from IAAF website: http://www.iaaf.org/download/download?filename=7e4036dc-099e-92120-%0A44f7-0e6e71beaa78.pdf&urlslug=IAAF Kids%27 Athletic -%0A Educational Cards

Dinata, H. L., & Dinata, V. C. (2014). Pengaruh Permainan Lompat Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan (Studi pada Siswa Kelas V SDN Kabuh I Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 680–684. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/10009/9803

Fahrozi, M. A. (2016). Optimalisasi Pembelajaran Lari Gawang Melalui Permainan Kids Atletik Kangas Escape Bagi Siswa Kelas IV SDN 02 Petukangan Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016 (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/27173/1/6102914086.pdf

Hambali, S. (2016). Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Bermain Pada Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 58–70. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/314/311

Hambali, S., & Sutiswo. (2019). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Di Sekolah Dasar. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 33(1), 27–32. https://doi.org/doi.org/PIP.331.3 Volume

Juliantine, T. (2010). Strategi Mengajar Melalui Model Bermain Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Motion: Journal Research Of Physical Education, 1(1), 1–9.

Kosasih, E. (2012). Olahraga Teknik dan Program Latihan dan Akademik. Jakarta: Persindo.

Prapti. (2015). Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Kid Atletik Pada Siswa Kelas V SD Wonodri Semarang Tahun Ajaran 2013/2014 (Universitas Wahid Hasyim). Retrieved from http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/665

Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Karetan Terhadap Pembelajaran Motorik Kasar Atletik Lompat Jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(1), 9–18. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3478/2566

Sobarna, A., Hambali, S., Rizal, R. M., & Sevtiadzi, L. (2019). Hasil Keterampilan Lompat Jangkit (Studi Eksperimen Menggunakan Latihan Plyometrik). Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.3157/jpo.v8i1.1233

Tedjasaputra, M. S. (2010). Bermain: Main dan Permainan Untuk Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Teneh, F., Mentara, H., & Hariyadi, T. (2015). Pengaruh Permainan Kid’s Athletic Terhadap Efektivitas Pembelajaran Gerak Pada Siswa SD IT Al Fahmi Palu. E-Journal Tadulako Physical Education, Health And Recreation, 3(12).

Wicaksono, B. K. P. (2018). Pengaruh Permainan Kids Athletic Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Artikel Skripsi: Simki-Techsain, 2(5). Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/020d84c8e5dd3264af2fdd4099c514aa.pdf

Widiastuti, & Hutomo, P. (2018). Meningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Bantu. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(1). https://doi.org/10.21009/GJIK.091.05

Yusuf, Y. (2018). Peningkatan Ketrampilan Senam Lantai Siswa Kelas VI SDN Dempelan 01 Melalui Pembelajaran Langsung Dengan Metode JIGSAW. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran kids atletik. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 72–80. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189

Issue

Section

Articles