Penilaian Aktivitas Siswa dalam Keterampilan Menulis melalui Model Think Talk Write

Authors

  • Sumayyah Sumayyah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ali Mustadi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Harun Harun Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3966

Keywords:

aktivitas siswa, keterampilan menulis, think talk write

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam keterampilan menulis dengan menggunakan model Think Talk Write. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan jumlah rata-rata skor 19 dengan kategori cukup. Pencapaian skor tersebut belum optimal karena belum ada siswa yang mencapai skor 4. Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah rata-rata skor menjadi 28 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam keterampilan menulis dengan menggunakan model Think Talk Write.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sumayyah Sumayyah, Universitas Negeri Yogyakarta

Primary Education

References

Afika Ningrum, Fera (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Alam Sekitar Pada Siswa Kelas V SD Sambung (Doctoral Dissertation, Universitas Muria Kudus).

Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95.

Arini, N. W. (2012). Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1).

Baiduri, B. (2017). Elementary School Students' Spoken Activities and their Responses in Math Learning by Peer-Tutoring. International Journal of Instruction, 10(2), 145-160.

Brownell, W. A., & Chazal, C. B. (1935). The effects of premature drill in third-grade arithmetic. The Journal of Educational Research, 29(1), 17-28.

Chizhik, E. W., & Chizhik, A. W. (2018). Using Activity Theory to Examine How Teachers' Lesson Plans Meet Students' Learning Needs. The Teacher Educator, 53(1), 67-85.

Diederich, P. B. (1966). How to measure growth in writing ability. English Journal, 55(4), 435-449.

Driver, R., & Bell, B. (1986). Students' thinking and the learning of science: A constructivist view. School science review, 67(240), 443-56.

Epriyanti, E., Iswara, P., & Kurniadi, Y. (2016). Penerapan Teknik TSTS (Two Stay Two Stray) dan Teknik MKE (Menandai Kesalahan Ejaan) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Kelas IVa SDN Tegalkalong II Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 941-950.

Gašević, D., Dawson, S., & Siemens, G. (2015). Let’s not forget: Learning analytics are about learning. TechTrends, 59(1), 64-71.

Herrhyanto, N. (2008). Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Huinker, D. & Laughlin, C. (1996). Talk Your Way Into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 Year Book. The National Counsil of Teacher of Mathematics.

Karakoc, A. I. (2018). Integrating Reading, Writing, Listening, and Speaking with Visuals. In English Teaching Forum (Vol. 56, No. 2, pp. 30-33). US Department of State. Bureau of Educational and Cultural Affairs, Office of English Language Programs, SA-5, 2200 C Street NW 4th Floor, Washington, DC 20037.

Lumpkin, A., Achen, R. M., & Dodd, R. K. (2015). Student perceptions of active learning. College Student Journal, 49(1), 121-133.

Martinis, Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Pardo, L. S. (2006). The role of context in learning to teach writing: What teacher educators need to know to support beginning urban teachers. Journal of Teacher Education, 57(4), 378-394.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Schultz, K., Buck, P., & Niesz, T. (2005). Authoring “raceâ€: Writing truth and fiction after school. The Urban Review, 37(5), 469-489.

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yamin, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Kelas XII IPA-2 SMAN 2 Bagan Sinembah Tahun Pelajaran 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Downloads

Published

2019-06-21

How to Cite

Sumayyah, S., Mustadi, A., & Harun, H. (2019). Penilaian Aktivitas Siswa dalam Keterampilan Menulis melalui Model Think Talk Write. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 23–33. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3966

Issue

Section

Articles