Reciprocal teaching: Sebuah inovasi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa PGSD

Authors

  • Heti Murniayudi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ali Mustadi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mohammad Adam Jerusalem Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3308

Keywords:

reciprocal teaching, inovasi pembelajaran, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS Mahasiswa PGSD dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD kelas 2A dengan jumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukkan melalui hasil tes siklus I menunjukkan persentase sebesar 75,3% pada indikator menafsirkan, dan persentase sebesar 81,7% pada indikator menjelaskan. Kemudian setelah dikenai tindakan siklus II diperoleh persentase sebesar 78% pada indikator menafsirkan dan persentase sebesar 76,9% pada indikator menjelaskan. Pada siklus III terjadi peningkatan persentase sebesar 95,3% pada indikator menafsirkan, dan persentase sebesar 85,1% pada indikator menjelaskan. Dengan melihat hasil yang diperoleh pada setiap siklusnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada mahasiswa PGSD. Harapannya mahasiswa PGSD akan menjadi calon guru yang lebih kompeten dalam segi pengetahuan ilmu sosial. Melalui model pembelajaran ini, dapat memperkaya wawasan dosen dalam merencanakan suatu inovasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heti Murniayudi, Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Dasar, Pascasarjana

References

Arends, R. . (2012). Learning To Teach. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Argikas, T. B., Khuzaini, N., Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas vii smp negeri 2 depok the application of reciprocal teaching method for improving the understanding of mathematics concept of 7 th grade students. Mercumatika, 1(1), 67–79.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals. London: Longmans, Green and Co LTD.

Cooper, T., & Greive, C. (2009). The Effectiveness of the Methods of Reciprocal Teaching: As Applied Within the NSW Primary Subject Human Society and Its Environment: An Exploratory Study. TEACH Journal of Christian Education, 3(1), 45–52.

Daryanto; Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Freihat, S., & Al-makhzoomi, K. (2012). The Effect of the Reciprocal Teaching Procedure ( RTP ) on Enhancing EFL Students ’ Reading Comprehension Behavior in a University Setting. International Journal of Humanities and Social Science, 2(5), 279–291.

Ichsan. (2013). Pengembangan model pembelajaran terbalik ( reciprocal teaching ) pada mata kuliah matematika the developing of reciprocal teaching. Vokasi, IX(3), 186–199.

Kokkonen, T. (2017). Concepts and concept learning in physics the systemic view. University of Helsink.

Kurniasih, I & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.

Mcallum, R., & Auckland, C. W. (2014). Reciprocal Teaching : Critical Reflection on Practice. KAIRARANGA, 15(1), 26–35.

Mulyasa, H. . (2015). Revolusi Mental Dalam Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Palincsar, A. S. (2017). Using reciprocal teaching to support strategy instruction and language use among second. Contact Magazine, 44–52.

Saleh, H. (2016). Penerapan strategi pembelajaran terbalik ( reciprocal teaching ) untuk meningkatkan kreativitas belajar. Sigma, 2(1), 13–18.

Sands, D. (2014). Concepts and conceptual understanding : what are we talking about ? Opinion Piece, 10(I), 7–11. https://doi.org/10.11120/ndir.2014.00030

Sudijono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Vristiarum, R. A. (2016). ( PTK di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas IX Semester Gasal Tahun Ajaran 2015 / 2016 ). In Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) (pp. 268–275). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wolmarans, A. (2016). Reciprocal Teaching: a strategy for the 21st Century. CCEE (Curro Centre for Educational Excellence), 1–9.

Downloads

Published

2018-12-18

How to Cite

Murniayudi, H., Mustadi, A., & Jerusalem, M. A. (2018). Reciprocal teaching: Sebuah inovasi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa PGSD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3308

Issue

Section

Articles