Pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar

Ali Armadi, Yeni Putri Astuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kendala-kendala serta keefektifan dalam penerapan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed  berbasis budaya lokal yang dapat diketahui dari aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D Models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan meliputi empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pangarangan III Kabupaten Sumenep. Subjek penelitian adalah siswa kelas  IV tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah  50 siswa yang terdiri dari kelas IVA sebanyak 25 siswa dan kelas IVB sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan  Adapun hasil yang diperoleh dari hasil uji coba terbatas pada pembelajaran 1-6 diperoleh rata-rata 87, 4 dan  100% dan pada uji coba luas pada pembelajaran 1-6 diperoleh rata-rata 83.1 dan 92 %. Dari angket yang diperoleh,  rata-rata siswa juga menyatakan bahwa pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal yang telah dilakukan dirasa  mudah mengikutinya,  karena didukung dari cara guru mengajarnya serta BAS dan LKS sehingga siswa merasa sangat berminat dalam belajar. Dalam proses pembelajaran di SDN Pangarangan III berjalan dengan baik, tetapi adapula hambatan yang terjadi berkaitan dengan gambar yang ditampilkan oleh guru sebagai media pembelajaran kurang familiar, siswa kurang bersemangat dalam berkelompok, siswa tidak mengetahui secara jelas mengenai kegiatan ekonomi di Sumenep.


Keywords


Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Terpadu, Budaya Lokal; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma. 22 Januari 2018.

Arief, F. (2013). Globalisasi Pendidikan, (online), (http://edukasi.kompasiana.com/2011/0608/globaliasasi-pendidikan-371426), diakses 11 April 2013).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Balai Pustaka.

Budiyanto. (2005). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal, Jakarta: Depdikbud.

Fogarty, R. (1991). How To Integrated The Curricula, Palatine, Illions:IRI/Skyligth Publishing, Inc.

Hermawan, A. H. (2008). Pembelajaran Terpadu di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Jumanto & Ema B. P. (2018). Pengaruh Metode Tutor Sebya Berbasis Video Youtube Terhadap Pengembangan Sikap Kemandirian. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 5(1), ppd.v1i1.5372.

Krissandi, A.D.S. (2018). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Premiere Education; Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 8(1), 68-77.

Miller, B. A. (2013). Joining Forces: A Collaborative Study of Curricular Integration”. International Journal of Education & the Arts. 14(19), 3.

Niswatuzzzahroh, V. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa. Universitas Muria Kudus. 28 Agustus 2018.

Permendikbud, 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 65 Tahun 2013. Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran Nomor 81a Tahun 2013. Jakarta: Depdikbud.

Purwanto. 2013. Evaluasi dan hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rapih, S. & Sutaryadi. (2018). Perspektif Guru Sekolah Dasar Terhadap Higher Order Yinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan, Hambatan. Premiere Education; Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 8(1), 78-87.

Ridwan, M. (2017). Tradisi Nyanyian Anak Terhadap Pembentukan Karkater Anak Usia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar; Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 26(1), 49-61.

Ridwan, M. & Wahidin, A. (2017). Structure, Function and Value The Tradition of Oral Literature in Sumenep Madura. ISSLAC: Jurnal Of Intensive Studies of Linguage, Literature, Art and Culture. 1(1), 252-273.

Sama’. (2017). Kajian Sosiologi dalam Paparegan Madura di Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Madura. Kode 751. Sosial Humaniora, Seni Budaya dan Pendidikan.

Sesanti, N. R. & Hasim R. S. A. 2018. Media Puzzel Sogam (Soal dan Gambar) Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(2).

Suprayekti. (2004). Pembaharuan Pembela¬jaran di SD, Jakarta: Pusat Pener¬bitan UT.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sumarno, Alim. (2011). Pengertian Hasil Belajar, (http://elearning.unesa.ac.id/tag/teori-hasil-belajar-gagne-dan-driscoll-dalam-buku-apa).

Suryansyah, T. & Suwajo. (2016). Pengembangan Video Pembejaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognetif. Jurnal Prima Edukasi, 4(2). Yogyakarta.

Suwarjo & Pricilla A. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa. Jurnal Prima Edukasi, Universitas Negeri Yogyakarta. 2(2).

Thiagarajan, S. Semmel, Dorothy S, Semmel, & Melvyn I. (1997). Imtructional Devlepment for Training Teachers of Exeptional Children, Minesota: The Council for Exeptional Children.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Usman, Moh. U. (1997). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wardana, L. A. & Husen C. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Peajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 3(1).

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Widiana, G. T. & Wardani I. K. (2017). Efektifitas Suplemen Bahan Ajar IPA dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 3(1).


Article Metrics

Abstract has been read : 2247 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats