PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.3029Abstract
konvensional dan kurang efektif, yakni guru mendominasi pembelajaran, mengajar dengan berceramah dan mencatat materi, dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini perlu adanya perbaikan pembelajaran. Peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, aktif, dan dapat memotivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Tembi Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Tembi sebagai kelas experimen dan siswa kelas IV SD Bangeran sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV SD Tembi sebanyak 22 siswa dan siswa kelas IV SD
Bangeran sebanyak 11 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pre-test dan post-test yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik t test (uji-t). Hasil analisis data t test (uji-t) diperoleh nilai = 12,7754. Pada taraf signifikansi (α) = 0,05 diperoleh nilai = 2,0441. Maka thitung≥ ttabel yaitu 12,7754 ≥ 2,0441, maka Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPS di SD Tembi Bantul tahun pelajaran 2014/2015.
Downloads
References
Agus Supijono. 2011. Cooperative
Learning Teori dan Aplikasi
PAIKEM. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Asep Jihad dan Abdul Haris. (2008).
Evaluasi Pembelajaran.
Yogyakarta : Multipressindo
Arsyad, Azhar. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Harjanto. 2005. Perencanaan
Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro.
Yogyakarta: Tiara Wacana
Etin Solihatin dan Raharjo. 2007.
Cooperative Analisis Model
Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi
Aksara
Isjoni. 2010. Cooperative Learning
Mengembangkan Kemampuan
Belajar Kelompok. Bandung:
Alfabeta
Maya Kartika Sari. 2012. Pengenalan
dan Pembelajaran IPS suatu
Kajian Konsep Dasar IPS SD.
Madiun : IKIP PGRI Madiun.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Maya Kartika. 2014.
PengaruhMetodeKooperatif Jigsaw
Terhadap Prestasi Belajar Mata
Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas III
di SD Islamiyah Pakualaman.
Premiere Educandum Jurnal
Pendidikan Dasar dan
Pembelajaran/Volume 4/Nomor
/Desember 2014Maya Kartika Sari: Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Melalui Media...103
Trustho Raharjo. 2013.
Pengembangan Media
Pembelajaran Fisika
Menggunakan Permainan
Ular Tangga Ditinjau Dari
Motivasi Belajar Siswa
Kelas Viii Materi Gaya.
Jurnal Pendidikan Fisika
(2013) Vol.1 No.1 halaman
ISSN. 2338 – 0691.
Rahina Nugrahani. (2007). Media
Pembelajaran Berbasis Visual
Berbentuk Permainan Ular
Tangga untuk Meningkatkan
Kualitas Belajar Mengajar di
Sekolah Dasar. Jurnal
Kependidikan jilid 36, No. 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)