PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Maya Kartika Sari

Abstract


Pembelajaran IPS di SD didominasi oleh metode pembelajaran yang monoton,
konvensional dan kurang efektif, yakni guru mendominasi pembelajaran, mengajar dengan berceramah dan mencatat materi, dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini perlu adanya perbaikan pembelajaran. Peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, aktif, dan dapat memotivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Tembi Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Tembi sebagai kelas experimen dan siswa kelas IV SD Bangeran sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV SD Tembi sebanyak 22 siswa dan siswa kelas IV SD
Bangeran sebanyak 11 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pre-test dan post-test yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik t test (uji-t). Hasil analisis data t test (uji-t) diperoleh nilai = 12,7754. Pada taraf signifikansi (α) = 0,05 diperoleh nilai = 2,0441. Maka thitung≥ ttabel yaitu 12,7754 ≥ 2,0441, maka Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPS di SD Tembi Bantul tahun pelajaran 2014/2015.


Full Text:

PDF

References


Agus Supijono. 2011. Cooperative

Learning Teori dan Aplikasi

PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Asep Jihad dan Abdul Haris. (2008).

Evaluasi Pembelajaran.

Yogyakarta : Multipressindo

Arsyad, Azhar. 2002. Media

Pembelajaran. Jakarta: Raja

Grafindo Persada

Harjanto. 2005. Perencanaan

Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro.

Yogyakarta: Tiara Wacana

Etin Solihatin dan Raharjo. 2007.

Cooperative Analisis Model

Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi

Aksara

Isjoni. 2010. Cooperative Learning

Mengembangkan Kemampuan

Belajar Kelompok. Bandung:

Alfabeta

Maya Kartika Sari. 2012. Pengenalan

dan Pembelajaran IPS suatu

Kajian Konsep Dasar IPS SD.

Madiun : IKIP PGRI Madiun.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Maya Kartika. 2014.

PengaruhMetodeKooperatif Jigsaw

Terhadap Prestasi Belajar Mata

Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas III

di SD Islamiyah Pakualaman.

Premiere Educandum Jurnal

Pendidikan Dasar dan

Pembelajaran/Volume 4/Nomor

/Desember 2014Maya Kartika Sari: Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Melalui Media...103

Trustho Raharjo. 2013.

Pengembangan Media

Pembelajaran Fisika

Menggunakan Permainan

Ular Tangga Ditinjau Dari

Motivasi Belajar Siswa

Kelas Viii Materi Gaya.

Jurnal Pendidikan Fisika

(2013) Vol.1 No.1 halaman

ISSN. 2338 – 0691.

Rahina Nugrahani. (2007). Media

Pembelajaran Berbasis Visual

Berbentuk Permainan Ular

Tangga untuk Meningkatkan

Kualitas Belajar Mengajar di

Sekolah Dasar. Jurnal

Kependidikan jilid 36, No. 1


Article Metrics

Abstract has been read : 1790 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v5i01.3029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats