Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021Keywords:
Model pembelajaran STAD, Mind Mapping, Hasil Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group. Data penelitian yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping lebih unggul dibandingkan rata-rata nilai siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD dan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arfiyanti, D., Irawan, E.B., & Purwanto. (2017) . Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Mind Mapping Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2 (6): 799-805.
Buzan, T. (2014). Part 2: The Evidence Supporting Mind Mapping. Mind Mapping: Scientific Research and studies. (Ebook online), (http://pdfmanual.niamz.net/pdf/mind-mapping-scientific- researchand.html, diakses 5 November 2017
Degeng, I Nyoman S.(2005). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UM
Fauzi, Z. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Tesis. Tidak diterbitkan: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Hadinata, L. Q., Utaya, S., & Setyosari P. (2017) Pengaruh Pembelajaran Studen Team Achievemnt division dan diskusi terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian dan pengembangan. 2(7): 979-985.
Hidayat, I., Towaf S. M., Ruminiati. (2017). Penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hsil belajar IPS siswa kelas V. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian dan pengembangan. 2(4): 562-568
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kagan, S. & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. Terjemahan Budi Eko Soetjipto. San Clemente: Kagan Publishing
Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sayekti, E., Suwono, H., Sueb. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan. 2 (4): 550-555
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)