Pendekatan Pembelajaran Struktural Think-Pair-Share dalam Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan dan Mempraktikkan Shalat Fardlu Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sahudi Sahudi SDN Bekare, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1597

Keywords:

Pembelajaran Struktural, Think-Pair-Share, Shalat Fardu

Abstract

Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam. Penelitian ini membahas kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan menerapkan pembelajaran Think-Pair-Share. Pendekatan struktural Think-Pair-Share merupakan cara yang efektif untuk mengubah pola diskursus di dalam kelas. Think-Pair-Shere memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Hasil analisa data per siklus dapat diketahui dari nilai rata-rata pada siklus I  65,00, nilai rata-rata pada siklus II 76,88 dan siklus III rata rata 86,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan baik secara individual maupun klasikal. Dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mendeskripsikan dan mempraktikkan Shalat Fardu dengan pendekatan Struktural Think-Pair-Share pada siswa kelas III SDN 2 Munggu Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sahudi Sahudi, SDN Bekare, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo

teacher elementry school

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depag RI. (1983). Al Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan penyelenggara penerjemah Al-Qur’an.

Depdiknas. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya. University Press.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajara Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Sahudi, S. (2017). Pendekatan Pembelajaran Struktural Think-Pair-Share dalam Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan dan Mempraktikkan Shalat Fardlu Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 165–172. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1597

Issue

Section

Articles