Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Riska Fajar Ayu Kusuma Wardani Universitas PGRI Madiun
  • Moh. Rifai Universitas PGRI Madiun
  • Titin Kuntum Mandalwati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596

Keywords:

CLIS, Slide Powerpoint, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini didasari fakta bahwa siswa kelas V SDN Pulerejo jarang melakukan percobaan sehingga hasil belajar IPA rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CLIS berbantuan media slide powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pulerejo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental Design dan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Pulerejo dengan sampel 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel ditentukan menggunakan simple random sampling dengan teknik lotre. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode statistik rumus uji-t dengan taraf signifikan 5% dan dk=40. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel=2,340>1,68385 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 82,36 lebih besar dari kelas kontrol 74,20. Dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas model pembelajaran CLIS  berbantuan media slide powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pulerejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riska Fajar Ayu Kusuma Wardani, Universitas PGRI Madiun

Student at PGRI Madiun University

Moh. Rifai, Universitas PGRI Madiun

lecturer at postgraduate Department

Titin Kuntum Mandalwati, Universitas PGRI Madiun

lecturer at Primary Education Department

References

Budiyarti, Luh Putu Yudha, Raga, Gede & Sudhita, I Wayan Romi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Dewi, P. Nym. T. T, Suadnyana, I Ngh & Negera, I Gst. A. O. (2014). Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (2)1.

Ismail, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Petik. 1(1), 19-25.

Joko, T., Ahdinirwanto, R. W. & Maftukhin, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi. (3)2, 112-115.

Marlina, D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Premiere Educandum, 06 (01), 22-34.

Noprianti, I. D. & Syarifuddin, A. (2015). Pengaruh Penerapan Media Slide Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang. Volume 1, 1-29.

Prasetyaningsih, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 3 SDN Doho Kecamatan Dolopo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Madiun: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutarno, N. (2009). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Kusuma Wardani, R. F. A., Rifai, M., & Mandalwati, T. K. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Clis Berbantuan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 104–114. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1596

Issue

Section

Articles