Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468Keywords:
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, IPA SD, aktivitas siswa, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di sekolah dasar, peningkatan aktivitas, dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Godean I, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Subjek siswa sebanyak 34, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Objek penelitian adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di sekolah dasar memerlukan persiapan yang matang. Persiapan yang dilakukan antara lain pemilihan materi yang cocok, pemahaman karakteristik siswa, pembentukan kelompok ahli yang heterogen, pengamatan dan pendampingan selama diskusi di kelompok ahli dan kelompok asal yang langsung ditindaklanjuti, dan sumber belajar tambahan. Penerapan strategi implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Â
Downloads
References
Djojosoediro, W. (2011, Juni 12). Retrieved Juni 21, 2017, from Pengembangan Pembelajaran IPA SD: http://pjjpgsd.unesa.ac.id/mod/ page/view.php?id=49
Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Nadwa. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10, Nomor 2,, 175-192.
Kilic, D. (2008). The effect of the jigsaw techniqueon learning the concepts of the principles and methods of teaching. World Applied Sciences Journal 4 (Supple 1) , 109 - 114.
Liando, M. R. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Cisoc (Kajian Rumpun Pendidikan Ilmu Sosial) Volume 1 No. 01, 77 - 88.
Martinis Yamin. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Mengduo, Q., & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw Strategy as a Cooperative Learning Technique: Focusing on the Language Learners. Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly) Vol. 33 No. 4, 113 - 125.
Miaz, Y. (2015). Improving Students’ Achievement of Social Science By Using Jigsaw Cooperative Learning Model at Primary School. IOSR Journal of Research & Method in Education Volume 5, Issue 4 Ver. II (Jul - Aug. 2015), 01-07.
Rochiati Wiriaatmadja. (2008). Metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wardani, I., Wihardit, K., & Nasution, N. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Widiastini, M., Kusmariyatni, N., & Arini, N. W. (2014). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder: (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)