PENERAPAN BELAJAR MELALUI BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini mengenai rendahnya perkembangan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini BERTUJUAN menerapkan belajar melalui bermain balok unit untuk meningkatkan perkembangan morotik halus setelah diterapkan belajar melalui bermain balok unit pada anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khodijah Al Kubro Bangkinang Kota semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Jenis Penelitian ini menggunakan eksperiment quasi dengan desain “Nonequivalent Control Group Design”, dengan melibatkan 18 orang anak sebagai kelompok kontrol dan 20 orang anak sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian diambil dengan melakukan observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus dengan penerapan belajar melalui bermain balok unit pada kelompok eksperimen, kemampuan motorik halus anak meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar p-value =0,000 < 0,05.
Keywords
References
Anita. (2016). HUBUNGAN BERMAIN BALOK UNIT DENGAN PERKEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CITRA MELATI BANDAR LAMPUNG TAHUN.
Djuartiningsih. (2012). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK K LOMPOK B DI TK “ MERPATI POS ” SURABAYA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA.
Fatiha Rahma Puspitaningrum, Siti Wahyuningsih, S. (2016). MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA REALIA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BANGSA PATI, 1–8.
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Rina Nurdiana1, Yeni Yuniarti2, S. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN ANGKA, 1–11.
Rini Andriani. (2016). Fungsi Bermain Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved January 16, 2017, from http://www.membumikanpendidikan.com/2014/10/fungsi-bermain-pada-pendidikan-anak.html
Saayah Abu. (2005). Pelaksanaan Aktiviti Belajar Melalui Bermain di Tadika-tadika kawasan Melaka Tengah. Jurnal IPG Kampus Islam, 83–120.
Setianingrum, W. N. E. S. dan I. (2016). Perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di kelompok bermain cendekia kids school madiun dan implikasinya pada layanan konseling. Jurnal CARE, 3(2016), 1–11.
Wulandari, H. (2012). MELALUI BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI PILANG II TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Universitas Muhammadiyah jakarta.
Article Metrics
Abstract has been read : 167 timesDOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.