PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MELALUI PERMAINAN TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUHREJO KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eny Hidayati, Hagus Murayanto

Abstract


Perkembangan kognitif anak usia dini terutama mengenai membilang angka
sangat penting, oleh sebab itu diperlukan suatu pembelajaran yang melibatkan media yag menarik perhatian anak untuk belajar membilang seperti penggunaan media tutup botol sebagai sarana bermain sambil belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keberhasilan permainan tutup botol dalam meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan
Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2014/2015.
Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Metode
yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten
Magetan dengan jumlah 25 anak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan
observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan kenaikan persentase penilaian kemampuan
membilang angka 1-20 yakni pada siklus I, persentase klasikal siswa yang memiliki
kemampuan membilang 1-20 tinggi dan sangat tinggi adalah 40% atau sebanyak 10
anak. Pada siklus II, anak yang memiliki kemampuan membilang 1-20 tinggi dan sangat
tinggi adalah 88% atau sebanyak 22 anak. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini,
anak sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran kemampuan membilang 1-20
sesuai indikator yang ditetapkan.
Kesimpulan akhir penelitian ini adalah metode bermain peran dapat meningkatkan
kemandirian anak kelompok B TK Tulung 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun
tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan diharapkan pelaksanaan penelitian ini
dapat membantu guru khusunya guru TK dalam memberikan pembelajaran membilang
angka 1-20.


Keywords


Kemampuan Membilang; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 877 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v3i2.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Care



Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats