PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENDA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA BLABAN BATUMAR-MAR PAMEKASAN

Susiyati Susiyati, Dewi Mayangsari, Dwi Nurhayati Adhani

Abstract


Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Klasifikasi Benda Pada Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita Blaban Batumar-Mar Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen jenis one group pretest-posttest yang terdiri dari pretest-treatment-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah 13 anak dengan rentang usia 4-5 tahun di Di TK Dharma Wanita Blaban. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi.Peneliti menggunakan analisis data berupa statistik parametris uji-t dengan data hasil penilaian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh pada saat pretest terdapat 5 anak yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang, dan 7 anak yang masuk dalam kriteria belum berkembang, dan  1 anak tergolong dalam kriteria berkembang sesuai harapan. Penilaian posttest setelah melakukan treatment terdapat terdapat 2 anak yang masuk dalam kategori mulai berkembang, 10 anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan, dan terdapat 1 anak yang masuk kategori berkembang sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai Thitung  sebesar 6,59 dan Ttabel sebesar 2,064. Maka dapat disimpulkan bahwa Ttabel > Thitung (2,064 > 6,59)sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan klasifikasi benda pada anak.

Abstract This study aims to reveal the effect of singing methods on the ability of classification objects in children aged 4-5 years in A Group in Dharma Wanita Blaban Batumar-Mar Kindergarten of Pamekasan. This research is uses quantitative method with one group pretest-posttest type experimental approach consisting of pretest-treatment-posttest. The subjects study were 13 children 4-5 years age range in Dharma Wanita Blaban kindergarden. Researchers use data collection techniques with observation and documentation. The researcher used data analysis of parametric statistics with t-test with pretest and posttest valuation data.The result of this study is obtained when the pretest, it was found 5 children belong to growing up criteria, there are 7 children can be categorized not yet develop and 1children can be categorized developed expectedly. The pretest assessment after have done treatment, there are 2 children can be categorized began to growing up criteria, 10 children can be categorized developed expectedly, and there is 1 child developed very well.  The Result of calculation by using t-test obtained by value of T count equal to 6,59 and the tabel equal to 2,064. Then it can be concluded that Ttabel> Thitung (2.064 > 6.59) so that H0 rejected and Ha accepted which means there is influence of singing method to the ability of object classification in children.


Keywords


kemampuan klasifikasi benda ; metode bernyanyi ; anak usia dini ; Ability Of Classification Object ; Singing Methods ; Early Childhood

Full Text:

PDF

References


Fadillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hildayani, R. dkk. 2009. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka. Isjoni, Model Pembelajaran Anak Usia Dini, (Bandung: PT Alfabeta, 2014), Cet. 4 Mujtahidin, Teori Belajar Dan Pembelajaran, (Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura, 2013) Cet.1 Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Piaget & Barbel Inhelder, Psikologi Anak, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), Cet 1 Rasyid, F. 2010. Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Yogyakarta: Diva Press. Rasyid, H. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media. Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto,Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2011), Cet.1 hlm 47. Suyadi. dan Ulfa M. 2013. Kosep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

Abstract has been read : 1227 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v7i1.4694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats