Analisis Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits di RA Al-Qur’an Kota Sabang

Ayu Julaika, Dewi Fitriani

Abstract


Penggunaan metode yang monoton dalam menghafal hadits bisa mengurangi semangat anak-anak dalam pembelajaran. Hanya mengulang teks tanpa variasi membuat mereka bosan dan kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode gerakan dalam menghafal hadits pada anak di RA Al-Qur'an Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 guru di kelas B3 RA Al-Qur'an Kota Sabang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gerakan di RA Al-Qur’an melalui beberapa tahapan, yaitu  tahap memperhatiakan, tahap mengingat, tahap memproduksi, dan tahap motivasional. Intensitas penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits dalam 1 semester minggu efektif terdapat 78 kali. Metode gerakan ini tidak hanya meningkatkan daya ingat anak-anak tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Anak-anak yang terlibat dalam metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menghafal dan pemahaman hadits dibandingkan dengan metode konvensional.


Keywords


anak; gerakan; hadits; menghafal; metode

Full Text:

PDF

References


Astutik, A. P., Untari, R. S., & Angelica M. P. (2021). Penggunaan Media Animasi “Muroja’ah For Kids” untuk Meningkatkan Hafalan Anak. Community Empowerment, 6(4), 682–687. https://doi.org/10.31603/ce.4579

Anwar, R. N., & Cristanti, Y. D. (2019). Peran Pendidikan Anak Perempuan Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal Care, 6(2), 11–18.

Anwar, R. N. (2021c). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1–7.

Anwar, R. N. (2021). Parents ’ Involvement In The Quran Education In Early Childhood During The Covid-19 Pandemic. International Seminar on Islamic Religion (ISoIR), 83–88.

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994

Desti, Y. (2019). Penerapan Metode Bercerita dalam Pengenalan Hadist di TK Raudhatul Ibni Mereubo Aceh Barat. Skripsi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13619

Eljannah, L., Fatimah, S., & Hasyim, F. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Menghafal Hadits melalui Penerapan Metode Gerakan pada Anak RA Al-Hikmah Tanjungsari. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 381-388. https://doi.org/10.33507/tarbi.v2i2.1136

Ervina, Saudah, Muzaki, Aghnaita, Afifah, N., Hidayati, S. et al. (2024). Upaya Menanamkan Nilai-nilai Profetik pada Anak Usia Dini melalui Cerita Sirah Nabawiyah. Thufuli: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.33474/thufuli.v6i1.21238

Fatimah, S. (2019). Perkembangan Anak pada Masa Golden Age: Didukung Penelitian Ilmiah dan Panduan Islam. Surakrta: UNS Press. https://bni.perpusnas.go.id/detailcatalog.aspx?id=186126

Fitriani, D., Fajriah, H., & Shovianda, E. (2020). Tingkat Respon Orang Tua Terhadap Penggunaan Group Whatsapp dalam Program Parenting di PAUD Seulanga Meuligo Aceh Selatan. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), http://dx.doi.org/10.22373/equality.v6i2.7799

Handayani. (2015). Metode Gerakan dalam Menghafal Ḥadiś. Jakarta : An-Nah

Hanita, F., Nadhirah, Y. F., Huliyah, M., & Juhri. (2022). Upaya Mengenakan Hadits pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Gerakan Tangan. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 181-192. DOI:10.32678/as-sibyan.v7i2.6006

Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital Literacy Among Children in Elementary Schools. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, 3(2), 157-170. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.92

Malikhah, F., & Rohinah. (2019). Penerapan Metode Gerakan untuk Menghafal Hadits pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.56211/toga

Mukhtar, Z., Na'imah, N., Selvi, I. D., & AH. N. M. (2023). Implementasi Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis Bagi Anak Usia Dini Melalui Program Parenting. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3157

Nellyana, D., Fajriah, H., & Fitriani, D. (2024) Efektivitas Komunikasi Guru dan Orang Tua Melalui WhatsApp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal: Educator Development Journal, 2(1). https://doi.org/10.2022/edj.v2i1.2598

Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Suyadi, & Ulfah, U. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ulum, M. S., & Ropikok, L. (2022). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak melalui Metode One Day One Hadits pada Anak Usia TK. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2). https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/86

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621


Article Metrics

Abstract has been read : 19 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats