Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Arin Nur Cahyani, Alisa Alfina, Rosyida Nurul Anwar

Abstract


Pembelajaran efektif adalah hal yang perlu  digapai dari para pendidik. Kesulitan pada kelas menjadikan guru belum secara maksimal dalam mendidik peserta didik. Guru perlu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas untuk pembelajaran efektif di RA PSM Gunungan Magetan. Subjek penelitian ini adalah ketua yayasan, kepala sekolah, 3 guru kelas, 1 guru pendamping, dan orang tua. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada sekolah Lembaga Pendidikan Islam Raudhatul Athfal PSM Gunungan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasu. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di manajemen kelas guna mencaapi pembelajaran efektif adalah aspek siswa, desain kelas, pembelajaran serta komunikasi. Guru membantu anak agar tercipta pembelajaran efektif dengan menerapkan model gaya belajar, menjaga lingkungan kelas, memastikan sarana prasarana sesuai kebutuhan anak, menjalankan proses KBM tersusun dan terarah menggunakan RPPH yang telah dibuat sesuai rencana bersama, dan menciptakan komunikasi yang sistematis dan mudah dipahami.


Keywords


anak usia dini; manajemen kelas; pembelajaran efektif; pendidikan islam

Full Text:

PDF

References


Adiarti, W. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusi Melalui Strategi Pengelolaan Kelas Yang Inklusi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Ngalian, Semarang. Rekayasa, 12(1), 70–78.

Agolla, J. E. (2018). Human Capital in the Smart Manufacturing and Industry 4.0 Revolution. Digital Transformation in Smart Manufacturing. https://doi.org/10.5772/intechopen.73575

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 36–47.

Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.

Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 102–109.

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019a). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari. Conference on Research & Community Services, 51–56.

Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019b). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1–12.

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Atika, A., Arifin, Z., & Jannana, N. S. (2021). Integrated School Management-Character Education Affirmation: a Case Study in Muhammadiyah Wirobrajan 3 Elementary School Yogyakarta. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 15–26. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.1970

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Fadlillah, M. (2017). Model Kurikulum Pendidikan Multikultural di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.13286

Prastiwi, W. A. (2015). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru TK Amanah Ummah Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Qoid, M., & Munif, M. (2020). Membangun Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Di Madrasah Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 96–113. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Saputri, I. A., & Afifah, D. R. (2019). Gaya Belajar Anak Usia Dini Kelompok B TK Margobhakti Kota Madiun. Jurnal Care, 6(2).

Sepriyanti. (2018). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Fitrah Insani Kec. Langkapura Kota. Bandar Lampung. 1–82.

Sidik, I., Annur, S., & Handayani, T. (2021). Manajemen Program Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Studia Manageria, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6873

Terry, G. R. (1960). Principles of Management. Richard D. Irwin Inc.

Vety Jayanti, A., Priyo Purnomo, E., & Nurkasiwi, A. (2020). Vertical Garden : Penghijauan Untuk Mendukung Smart Living Di Kota Yogyakarta. Al Imarah : Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam, 5(1), 41. https://doi.org/10.29300/imr.v5i1.2916

Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24


Article Metrics

Abstract has been read : 45 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats