Peningkatan Proses Keterampilan Sains melalui Kegiatan Berkebun Hidroponik pada Anak Usia Dini

Lina Purnawati, Narendradewi Kusumastuti, Budi Rachman

Abstract


Perkembangan kognitif mencakup berbagai aspek salah satunya adalah pemahaman pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan. anak mampu dalam mengembangkan kemampuan sains di lingkungan sekitar tidak hanya belajar sains menggunakan majalah dan calistung saja, Akan tetapi juga bisa belajar sains dengan fakta nyata fenomena yang ada di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan dengan melihat adanya peningkatan keterampilan sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Dharma Wanita Bringin, Ngawi. Dengan jumlah anak 19 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Dalam penelitian ini dilakukan 2 kali siklus, di mana setiap satu siklus terdapat 3 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan sains pada anak dengan menggunakan nilai rata-rata pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2 anak atau 11% dengan ketuntasan klasikal pada kriteria berkembang sesuai harapan kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak mencapai 16 atau 84% dengan ketuntasan klasikal berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB).


Keywords


hydroponic gardening; learning;science skills

Full Text:

PDF

References


Arifudin, O. (2016). Konsep Paud. Jakarta: Rajawali

Asiah, S. (2019). Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Dengan Keterampilan Proses Dan Produk. Skripsi, 1, 1-476.

Fiandi, A. (2023). Analisis Makna Pengetahuan, Sains, Ilmu Dan Ma’rifah. Journal of Islamic and Educational Research, 1(2), 59-66.

Fitriani, I. R. (2014). Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Keterampilan Sikap Melalui Games Sains. Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Keterampilan Sikap Melalui Games Sains, 4(2), 284-291.

Ginanjar, M., Rahayu, A., & Tobing, O. L. (2021). Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kailan (Brassica oleracea var. alboglabra) Pada Berbagai Media Tanam Dan Konsentrasi Nutrisi AB Mix Dengan Sistim Hidroponik Substrat Growth and Production of Chinese Kale (Brassica oleracea var. alboglabra) in Various Planting Media and AB Mix Nutrient Concentration in Substrate Hydroponic System. Jurnal Agronida ISSN, 7(2), 86.

Ginting, T. R. I. D., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Kegiatan Bercocok Tanaman Kangkung Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kecamatan Medan Timur.

Gita, R. S. D. (2018). Peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam di TK Ar-Rahim Jember. Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 86-93.

Gusniarti, G., Pura, D. N., & Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Dari Kardus Bekas Di Paud Ceria Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 28-33.

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179.

Laily, D. S., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen Kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Journal on Education, 6(1), 1655–1666.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156.

Mardiyana, F., Dhimas, C., Ramadhan, A., Puspita, R. D., Putra, Z. A. P., & Sumarmi, S. (2021). Pengenalan Bercocok Tanam Hidroponik Sederhana System Sumbu (Wick System) bagi Anak Usia SD Kelas 4-6. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 407-416.

Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27.

Musi, M. A., Bachtiar, M. Y., & Herlina. (2022). Pelatihan Pembelajaran Sains Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. SNPPM-4 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 4, 165-173.

Noerviana, A. P., Mariska, R. N., Ramadhani, N. V. S. E., Septiana, N. P., Citra, & Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Projek dengan Kegiatan Eco-enzyme untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. BATIK: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 1(2), 89–93.

Pusputasari, I. I. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampyan Muskalitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Musik Daun Salak Pada Kelompok B3 TK Pertiwi Karang Nangka Keudng Banten Banyumas Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Tk a Dan B, 4, 6-27.

Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513-515.

Saepudin, A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, XV(2), 213-226.

Safira, Ajeng Rizki, (2020). Pembelajaran Sains Dan Matematika AUD, Gresik;Gramedia Communiation.

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61.

Suswati. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik…, Suswati, FKIP UMP, 2021. 6–30.

Syaifudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab)‎. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Umboh, A., Bisnis, D., Umboh, A. A., & Kasih, D. (2022). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Bisnis, 3(2), 246-264.

Veryawan, V., Tan, M., & Syarfina, S. (2021). Kegiatan Bermain Kotak Ajaib (Magic Box) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Yaa Bunayya, 5(1), 44-52.

Waluyo, M. R., Nurfajriah, Mariati, F. R. I., & Rohman, Q. A. H. H. (2021). Pemanfaatan Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Terbatas Bagi Karang Taruna Desa Limo. Ikraith-Abdimas, 4(1), 61-64.


Article Metrics

Abstract has been read : 11 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats