PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT PADA KELOMPOK B TK INSAN AULIA MADANI BEKASI DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang
Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Pada Kelompok B
Tk Insan Aulia Madani Bekasi Dimasa Pandemi Covid-19 .Pendekatan Penelitian
deskriptif kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas, model tindakan dari Kemmis Taggart
dimana terdiri dari Prasiklus, Siklus I dan Siklus II. Setiap Siklus terdiri dari Kegiatan
Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi , teknik pengumpulan data berupa
wawancara , observasi dan dokumentasi . Populasi penelitian ini seluruh peserta didik TK
Insan Aulia Madani .Subjek penelitian pada kelompok B jumlah 10 peserta didik. Hasil
penelitian tindakan kelas pada kegiatan pra siklus hanya 40% kategori siswa mulai
berkembang pada siklus I sebesar 60% berkembang sesuai harapan dan setelah melakukan
siklus II ada peningkatan menjadi 80% berkembang sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF_8References
DAFTAR PUSTAKA :
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Darmita (2001)., Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka
Decaprio, (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta : Diva
Press
Depdiknas (2010) Kurikulum Standar Kompetensi Taman Kanak – Kanak. Jakarta :
Depdiknas
Depdiknas. (2003). Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Fanggideraj, Lenny. (1995). Kamus Pendidikan. Jakartab : Restu Agung
Halwa, Christina. (2014). Pengaruh Kegiatan Menjahit Terhadap Kemampuan Motorik
Halus Kelompok A Di Tk Pajajaran.
Hanifah, Nurdinah (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Sumedang: UPI Press
Hurlock, E.B. (2013). Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Hutahuruk. (2008), Keterampilan Umum Menjahit.Bogor. Indo. Book Citra Media,
Iskandar, Dadang dan Nursim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa.
Cilacap. Ihya Media.
Jamaris, Martini. 2006. Pertimbangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta :
Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Kartini, Kartono. (1998). Psikologi Anak. Bandung : CV. Mandar Maju.
Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.58
Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departeen Pendidikan Nasional.
Riny.(2010).PengertianMenjahit.http://kemejamurah.woorpress.com/Category/Pengertian.
menjahit/. Diakses15 November 2017.
Sunardi, Sunaryo. (2007). Intevensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Yuntina, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok Bmelalui Kegiatan Mewarnai
Gambar di RA Al Muta A’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran
/2017. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(1), 22-28
Article Metrics
Abstract has been read : 84 timesPDF_8 file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v10i2.15587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.