PEMANFAATAN VLOG BAGI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 TAHUN

Afifah Dwi Gusmawati, Tri Sayekti, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat vlog bagi kemampuan berbicara anak usia 5 tahun. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia 5 tahun beserta orang tuanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode narrative research dengan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini berjumlah 1 anak dan orang tua yang memiliki Channel Youtube bernama DenDis. Instrumen yang digunakan unuk mengumpulkan data adalah lembar wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya manfaat vlog bagi kemampuan berbicara anak usia 5 tahun tidak terlepas dari peran orang tua yang membimbing, mengajarkan, dan memotivasi anak untuk lancar berbicara di depan kamera, mengetahui banyak kosakata baru yang anak belum ketahui serta anak memahami bagaimana berbicara yang baik dan dapat dipahami oleh orang lain.

 


Keywords


Kemampuan Berbicara, Anak Usia 5 tahun, Vlog

Full Text:

PDF_8

References


Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia

Dini. Perkembangan Dan Konsep

Dasar Pengembangan Anak Usia

Dini, 65.

repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD41

-M1.pdf

Bochner, S., & Jones, J. (1998). Child

language development: Learning to

talk.

Folia Phoniatrica et

Logopaedica,

(4).

http://www.questia.com/googleSch

olar.qst?docId=5008352774

Dahlia, L., Thamrin, M., & Ali, M.

(2013). Kemampuan Berbicara

Menggunakan Bahasa Indonesia

Anak Usia 5-6 Tahun Tk Keranjik.

Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Untan, 2(9), 1–18.

David, E. R. (Eribka), Sondakh, M.

(Mariam), & Harilama, S. (Stefi).

(2017). Pengaruh Konten Vlog

Dalam Youtube Terhadap

Pembentukan Sikap Mahasiswa

Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu

Sosial Dan Politik Universitas Sam

Ratulangi. Acta Diurna, 6(1),

https://www.neliti.com/publications

/93363/pengaruh-konten-vlog

dalam-youtube-terhadap

pembentukan-sikap-mahasiswa

ilmu-kom

F, A. M., Sumardi, S., & Elan, E. (2020).

Meningkatkan Kemampuan

Berbicara Anak Melalui Metode

Bercerita Dengan Menggunakan

Boneka Tangan Pada Kelompok B

Di Tk Plus Salsabil Kabupaten

Cirebon.

Jurnal Paud Agapedia,

(1),

–23.

https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26

Febriani, S., & Wahid, U. (2018).

Pemakanan khalayak terhadap gaya

komunikasi jokowi pada vlog

#jokowimenjawab episode 2 di

situs youtube (analisis resepsi stuart

hall). Pantarei, 2 No 3(Vol 2 No 3

(2018): PANTAREI), 1–8.

http://jom.fikom.budiluhur.ac.id/ind

ex.php/Pantarei/article/view/305

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C.

(2018). Meningkatkan Kemampuan

Bahasa Anak Melalui Metode

Bercerita Pada Anak Usia 5-6

Tahun. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan Anak

Usia Dini,

(1), 1.

https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5

i1.4675

Ii, B. A. B., & Berbicara, A. K. (2014).

Studi Deskriptif Kemampuan...,

Anestuti Galuh Pangestuti,

Fakultas Psikologi UMP, 2014. 10–

Kuncoro, A. M., Putri, A. O., Pradita, A.,

Manajemen, P. S., Ekonomi, F., &

Jember, U. (n.d.). VLOGGER

SEBAGAI SALURAN MENUJU

GENERASI MILENIAL

PRODUKTIF INDONESIA. 193–

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua

dalam Mendukung Kegiatan

Pembelajaran di Rumah pada Masa

Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i

630

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S.

(2018). Penguasaan Kosakata

Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5

Tahun. Fonema, 4(2), 102–115.

https://doi.org/10.25139/fonema.v4

i2.762

Roswati, E. (2020). Meningkatkan

Kosakata Anak Usia Dini Melalui

Permainan Chinese Whispers.

Jurnal PG-PAUD Trunojoyo :

Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Anak Usia Dini,

(1), 32–36.

https://doi.org/10.21107/pgpaudtru

nojoyo.v7i1.6420

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam

Menstimulai Perkembangan Bahasa

Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan

Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–

Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua

Dalam Pengembangan Bahasa

Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal

Inovasi Pendidikan Guru

Raudhatul Athfal, 5(2), 358.

https://doi.org/10.21043/thufula.v5i

3480

Sunaryanto, M. (2015). Upaya

Meningkatkan Kemampuan

Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun

Dengan Media Poster Di TK Aba

Wonotingal Poncosari Srandakan

Bantul Yogyakarta.

Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/O

js/Index.Php/Pgpaud/Article/View/

Tempel, A. B., Wagner, S. M., &

McNeil, C. B. (2009). Parent-child

interaction therapy and language

facilitation: The role of parent

training on language development.

The Journal of Speech and

Language Pathology – Applied

Behavior Analysis, 3(2–3), 216–

https://doi.org/10.1037/h0100241

Winda Sutiana1, Antara, P. A., & Ujianti,

P. R. (2016). Penerapan Metode

Bercakap-Cakap Ganekap

Berbantuan Media Kotak

Bergambar Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berbiacara Anak Paud

Nurul Jihad. E-Journal Pendidikan

Anak Usia Dini Universitas

Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–10


Article Metrics

Abstract has been read : 427 times
PDF_8 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.10758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats