STRATEGI PEMBELAJARAN , MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIK COVID 19 DI TKIT AL MARJAN KOTA BEKASI TAHUN 2020
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Pendidikan Anak Usia dini dimasa Pandemik COVID 19 dimana referensi ilmiah yang dihasilkan memberikan manfaat bagi para pendidik, pakar pendidikan dalam pemecahan masalah-masalah pada kegiatan pembelajarannya .
Subjek Penelitian pada TKIT Al Marjan di Kota Bekasi .Waktu Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2020 Sumber informasi (sebagai informan) dalam penelitian ini adalah kepala sekolah , para guru dan orang tua murid, Jenis Penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif , Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan oberservasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan data pendukung lainya yang membantu kelancaran dalam pelaksanaan penelitian ini .Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu Analysis Interactive Model terdiri dari 1.pengumpulan data,2. reduksi data, 3.penyajian data, 4. penarikan kesimpulan (Miles & Huberman 1992).Dengan platform Kegiatan pembelajaran secara daring/belajar dirumah dengan menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa . .
Hasil penelitian ini memberikan Informasi bahwa :1.Strategi Pembelajaran di TKIT Al Marjan, Guru membuat Strategi dalam membuat rencana program-program pembelajaran disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan anak dalam belajar 2. Minat Belajar , minat belajar sangat baik terlihat pada kegiatan whatsup dan zoom siswa penuh semangat juga antusias sekali dalam pembelajaran dan peran orang tua juga sangat terlihat dalam mendampingi putra putrinya pada saat pembelajaran berlangsung .3,Hasil belajar siswa dapat dievaluasi dari 1.hasil Zoom pada kegiatan pembelajaran 2. tugas-tugas kelas yang sudah dilaksanakan siswa dan disampaikan orang tua melalui drive thru ke sekolah .Dengan kesimpulan bahwa Strategi pembelajaran, Minat belajar dan hasil belajar siswa pada TKIT Al Marjan pada masa pandemik COvid 19 dapat dilaksakan dengan baik dengan mencapaian aspek-aspek perkembangan siswa pada rata-rata 80 % berkembang sangat baik, 20 % Berkembang sesuai harapan . Sehingga pembelajaran pada masa pandemi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
UU RI Nomor .20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional .
Akhmad Susanto , 2012,Perkembangan Anak Usia Dini , Kencana Prenada Media, Jakarta
Yuliani Sujiono Nuraini , 2009, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini , PT Index, Jakarta
Elizabeth B Hurlock, 1978, Perkembangan Anak Jilid 2, Airlangga , Jakarta
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta: Kemendikbud.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Bencana. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Guru Berbagi. online: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/. Diakses: 25 Juni 2020.
Kemendikbud, Surat edaran No 4 tahun 2020.Kemendikbud , Jakarta
Ulfah, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak,
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru-guru pada TKIT AL Marjan di Kota Bekasi RA Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Eko Suhendro & Syaefudin. (2020). Nilai-Nilai Kemanusian dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. JEA (Jurnal Edukasi AUD)https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3430
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51
John W. Creswell, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan,Terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Ed. 3 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015) Robert. C. Bogdan dan Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, (Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982) h. 27-30.
Article Metrics
Abstract has been read : 687 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v9i1.10033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.