EFEKTIVITAS CREATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI LKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI KELAS VII SMPN

Aryanto Aryanto, Laili Fitri Yeni, Reni Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Creative Problem Solving disertai LKS terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Pencemaran Lingkungan kelas VII SMPN 2 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara Intact Group. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS sebesar 17,89 lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 16,94. Dari uji U Mann Whitney, diperoleh yaitu 5,33 > 1,96, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving disertai LKS dan pembelajaran konvensional. Nilai effect size yang diperoleh sebesar 0,65 termasuk dalam kategori sedang dan memberikan kontribusi sebesar 24,22%. Hasil motivasi belajar kelas eksperimen yaitu 85,6% tergolong sangat kuat dan kelas kontrol yaitu 79,5% tergolong kuat.

 

 

 


Keywords


Model Creative Problem Solving; Disertai LKS, Pencemaran Lingkungan; Hasil Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mita, R. 2009. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Lebaksiu pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi, FMIPA, Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiaan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Prastowo, A. (2013). Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis & Praktik. Yogyakarta: Kencana Prenada Group.

Pratiwi, W.T., Lia Y. dan Agus, S. 2013. Pengaruh Penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA MAN 3 Malang. Skripsi, FMIPA, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Malang.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putri, R.C., Syakbaniah dan Ratnawulan. 2015. Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Model Creative Problem Solving pada Materi Bunyi, Cahaya dan Alat Optik terhadap Hasil Belajara IPA Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, 6, 9-16.

Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sani, R.A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sutrisno, L. (2010). Effect Size. (Online). (http://www.scribd.com/doc/131910444/Meta-Analisis-Effect-Size#scribd.

Takari, E. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif IPA 2. Jakarta: Ganesindo.

Tamrin, M.B. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Limit Fungsi Aljabar (Penelitian pada Siswa Kelas XI - IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 31-42.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B. dan Nurdin, M. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarni, E.W. 2012. Inovasi dalam pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Yahya, M. 2013. Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu Jember. Jurnal Fenomena, 5(1).

Ziqri, I.M. dan Supriyanto. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Materi Sistem Pernapasan di SMAN 1 Jatibarang Brebes. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 254-260.


Article Metrics

Abstract has been read : 662 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.6121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats