Peran Pendekatan Etnomatematika dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Pecahan di Sekolah Dasar
Keywords:
Etnomatematika, Kesulitan Belajar, PecahanAbstract
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pendekatan etnomatematika dapat membantu siswa memahami konsep pecahan melalui konteks yang lebih relevan dan bermakna bagi kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif di SD Negeri 3 Luwuk Tahun Ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara dengan siswa untuk mengidentifikasi perubahan dalam pemahaman siswa setelah penerapan etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnomatematika memberikan dampak positif pada pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Siswa lebih mudah memahami konsep seperti pecahan sederhana, perbandingan pecahan, dan operasi pecahan melalui aktivitas kontekstual yang melibatkan budaya lokal, seperti pembagian makanan tradisional. Selain itu, pendekatan ini meningkatkan motivasi belajar siswa, karena materi yang diajarkan terasa lebih dekat dengan pengalaman mereka. Sedangkan Siswa yang tidak menggunakan pendekatan etnomatematika kesulitan memahami konsep abstrak karena kurangnya keterkaitan dengan kehidupan nyata dan budaya lokal. Pendekatan etnomatematika membantu mengaitkan matematika dengan tradisi, budaya, dan pengalaman sehari-hari, menjadikannya lebih inklusif dan menarik.
Downloads
References
Adam, N. A. (2010). Mutual interrogation: A methodological process in ethnomathematical research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 700–707. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.097
Aisyah, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran Berbasis IT dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Sosial Budaya, 8(01), 55–63.
Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Andriani, F., & Najicha, F. U. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Benteng Radikalisme di Perguruan Tinggi. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 10(26).
Anwar, A., Takaendengan, B. R., Nirwana, L., & James, J. (2022). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4778
Anwar, M., Ramdani, & Majid, A. F. (2017). Pengembangan Tes Interaktif Pembelajaran Kimia dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pro pada Materi Pokok Laju Reaksi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 716–721.
Azizah, A., Sani, N. K., Aras, N. F., & Adriana, L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4966
Bujangga, H. B. (2022). Metode Reading Aloud dalam Membantu Siswa dengan Kesulitan Belajar Disleksia: Pembelajaran inofatif progresif. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 63–78. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.482
Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Putri, S. R., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.796
Chrissandy, R., & Tanumihardja, F. (2019). PELATIHAN ANIMASI 3D DENGAN ICLONE 6 UNTUK SISWA BERKESULITAN BELAJAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2 SE-Articles). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2908
da Costa, B. J. F., Tenório, T., & Tenório, A. (2014). A Educação Matemática no Contexto da Etnomatemática Indígena Xavante: Um jogo de probabilidade condicional TT - Mathematics Education in the Context of Xavante Indigenous Ethnomatematics: A Game of Conditional Probability. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 28(50), 1095–1116. https://doi.org/10.1590/1980-4415v28n50a05
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953
Hasibuan J.J. dan Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81.
Presilia, R. F. A. D., Syaviar, F. A., Ubadati, N., & Sumarmi, S. (2018). Kearifan Lokal Trihitakarana Suku Tengger Dalam Kelangsungan Konservasi Ranu Pani. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 76–80. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p076
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika; Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu.
Sugihartono, C. D. J. (2024). Pengembangan Halaman Informasi Cerita Rakyat untuk Penguatan Literasi Kearifan Lokal pada Kelas IX C SMPN 1 Tempurejo Jember: Pengembangan Halaman Informasi Cerita Rakyat untuk Penguatan Literasi Kearifan Lokal pada Kelas IX C SMPN 1 Tempurejo Jember. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/sjip.v10i1.1302
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article's editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.