Peran Pendekatan Etnomatematika dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Materi Pecahan di Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Elia Vita H. Iksan Universitas Negeri Gorontalo
  • Sarson W. Dj. Pomalato Universitas Negeri Gorontalo
  • Majid Majid Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Etnomatematika, Kesulitan Belajar, Pecahan

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pendekatan etnomatematika dapat membantu siswa memahami konsep pecahan melalui konteks yang lebih relevan dan bermakna bagi kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif di SD Negeri 3 Luwuk Tahun Ajaran 2024/2025.  Data dikumpulkan melalui hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara dengan siswa untuk mengidentifikasi perubahan dalam pemahaman siswa setelah penerapan etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnomatematika memberikan dampak positif pada pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Siswa lebih mudah memahami konsep seperti pecahan sederhana, perbandingan pecahan, dan operasi pecahan melalui aktivitas kontekstual yang melibatkan budaya lokal, seperti pembagian makanan tradisional. Selain itu, pendekatan ini meningkatkan motivasi belajar siswa, karena materi yang diajarkan terasa lebih dekat dengan pengalaman mereka. Sedangkan Siswa yang tidak menggunakan pendekatan etnomatematika kesulitan memahami konsep abstrak karena kurangnya keterkaitan dengan kehidupan nyata dan budaya lokal. Pendekatan etnomatematika membantu mengaitkan matematika dengan tradisi, budaya, dan pengalaman sehari-hari, menjadikannya lebih inklusif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, N. A. (2010). Mutual interrogation: A methodological process in ethnomathematical research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 700–707. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.097

Aisyah, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran Berbasis IT dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Sosial Budaya, 8(01), 55–63.

Amir, Z. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Andriani, F., & Najicha, F. U. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Benteng Radikalisme di Perguruan Tinggi. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 10(26).

Anwar, A., Takaendengan, B. R., Nirwana, L., & James, J. (2022). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4778

Anwar, M., Ramdani, & Majid, A. F. (2017). Pengembangan Tes Interaktif Pembelajaran Kimia dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pro pada Materi Pokok Laju Reaksi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 716–721.

Azizah, A., Sani, N. K., Aras, N. F., & Adriana, L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4966

Bujangga, H. B. (2022). Metode Reading Aloud dalam Membantu Siswa dengan Kesulitan Belajar Disleksia: Pembelajaran inofatif progresif. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 63–78. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.482

Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Putri, S. R., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.796

Chrissandy, R., & Tanumihardja, F. (2019). PELATIHAN ANIMASI 3D DENGAN ICLONE 6 UNTUK SISWA BERKESULITAN BELAJAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2 SE-Articles). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2908

da Costa, B. J. F., Tenório, T., & Tenório, A. (2014). A Educação Matemática no Contexto da Etnomatemática Indígena Xavante: Um jogo de probabilidade condicional TT - Mathematics Education in the Context of Xavante Indigenous Ethnomatematics: A Game of Conditional Probability. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 28(50), 1095–1116. https://doi.org/10.1590/1980-4415v28n50a05

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953

Hasibuan J.J. dan Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81.

Presilia, R. F. A. D., Syaviar, F. A., Ubadati, N., & Sumarmi, S. (2018). Kearifan Lokal Trihitakarana Suku Tengger Dalam Kelangsungan Konservasi Ranu Pani. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 76–80. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p076

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika; Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Graha Ilmu.

Sugihartono, C. D. J. (2024). Pengembangan Halaman Informasi Cerita Rakyat untuk Penguatan Literasi Kearifan Lokal pada Kelas IX C SMPN 1 Tempurejo Jember: Pengembangan Halaman Informasi Cerita Rakyat untuk Penguatan Literasi Kearifan Lokal pada Kelas IX C SMPN 1 Tempurejo Jember. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/sjip.v10i1.1302

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles