Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 1 Alasmalang Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Reky Lidyawati Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • M. Nur Khalili Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.18525

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar merevitalisasi sistem pendidikan untuk membangun kompetensi utama agar kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Pada kategori pedagogi, Merdeka Belajar mendorong berbasis kompetensi dan nilai-nilai, kurikulum, dan penilaian; serta pendekatan berbasis kebutuhan individu dan berpusat kepada siswa. Pada kategori kurikulum, Merdeka Belajar membentuk kurikulum berdasarkan kompetensi, fokus kepada soft skill dan pengembangan karakter, sedangkan pada kategori sistem penilaian, Merdeka Belajar menghadirkan penilaian yang bersifat formatif, serta berdasarkan portofolio. (Kemdikbud, 2020).  Penerapan kurikulum merdeka belajar di SD 1 Alasmalang pada siswa kelas 4 bisa di bilang sangat efektif pasalnya kurikulum ini merangsang penalaran terhadap siswa di dalam penerapan materi pembelajaran. Sebab materi materi yang di kelola pada kurikulum merdeka belajar ini berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Yang tercantum pada sila Pancasila sila, mulai dari keberagaman, perbadaan, toleransi, gotong royong, dan persatuan. Sehingga siswa sangat aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sebab pada materi pembelajaran Pancasila dapat di terapkan dan di rasakan langsung secara nyata oleh siswa baik itu di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles