Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-1 MTs Alkhairaat Salilama pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

Authors

  • Sofriyanto Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Sumarno Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Wahab Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Majid Majid Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15917

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Bersiklus 5E

Abstract

Penelitian ini berjenis Tindakan Kelas. Penelitian ditujukan guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E di MTs Alkhairaat Salilama. Penelitian terjadi dalam 2 siklus melewati tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Sebanyak 24 orang terlibat dalam penelitian ini dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang ditandai dengan peningkatan di setiap siklusnya. Hasil observasi kegiatan guru meningkat dari 65,33% meningkat menjadi 88%. Adapun lembar observasi kegiatan siswa pun dari 58,83% naik ke 82,36%. Keduanya memenuhi kategori baik dan sangat baik. Sama halnya dengan hasil belajar yang juga mengalami peningkatan yaitu dari 66,67% menjadi 84,17%. Indikator keberhasilan belajar pada siklus II melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5e sudah terpenuhi. Dari penelitian diatas terdapat manfaat dalam mengaplikasikan model pembelajaran learning cycle 5e ialah bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan daya tangkapnya dalam  mempelajari matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdul Wahab., Achmad Novianita., Fahrudin, Nada Chandra. 2020. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi. 8(2): 34-41

Ade, Wa., Hulukati, Evi., dan Zakiyah, Siti. 2022. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Madrasah Aliyah Al-Falah Limboto Barat. Jambura Journal Of Mathematics Education. 3(1):57-62

Arsyad, Rahmi Nindi., Pomalato, Sarson W.Dj., Abbas, Nurhayati., dan Achmad Novianita. 2022. Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri. Jambura Journal Of Mathematics Education. 3(1): 48-59

Budiman, Rahmania., Rusdi., dan Muchlis, Effie Efrida.2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk meningkatkan Hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jurnal penelitian pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 3 (10) :218-227

Choiriyah, Churun. 2021. Meningkatkan Hasila Belajar matematika Materi Segi Empat Melalui Pendekatan Open Ended Dengan Seting Discovery Pada Siswa Kelas VII E SMP 4 Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 10 (2) : 1-16

Epriyana, Linda. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cycle Learning 5E. Jurnal MATH-UMB.EDU. 8(3) : 28-37

Ismail, Sumarno., Bakari, Magfirah. 2019. Meningkatkan Penguasaan Siswa Kelas IX pda Fungsi Kuadrat dan Grafiknya Menggunakan Teknik Inkuiri. Jurnal Jambura Journal of Mathematics. 1(1): 1-12

Pauweni, Khardiyawan A.Y., Usman, Kartin., Abdullah, Abdul Wahab., Rusydiy. 2019. Deskripsi Pemaham Konsep Matematika Pada Materi Bangun Luang Sisi Lengkung. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi. 7(2) 37-44

Mandagi, Mieke, dkk. 2020. Book Cahpter Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Yogyakarta Deepublish

Machmud, Tedi., Sartika, Sartika., dan Achmad, Novianita. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(2): 67-78

Nindriyati, Dwi. 2022. Hubungan Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Instruksional. 3(2) :187-196

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Punia, I Wayan. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Of Education Action Research. 4(3): 354-362

Sidi, Rindiani Repo., Yunianta, Tri Nova Hasti. 2018. Meningkatkan hasil Belajar Matematika Siswa SMP kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. Jurnal Maju. 5(1): 57-63

Susilo, Herawati., Husnul Chotimah., dan Yuyun Dwita Sari. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing

Zakiyah, Siti., Hidayat, Wahyu., Setiawan, Wahyu. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematika dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. (8)2: 227-238

Downloads

Published

2023-09-13

Issue

Section

Articles