Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjbL) Dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.15682Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Kemampuan Berfikir Kritis siswa, Gaya Belajar.Abstract
Guru memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sebagai salah satu kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  bagaimana Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, dan mengetahui Model Pembelajaran Interaksi dengan Project Based Learning (PJBL) dan gaya belajar terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMK. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Quasy, penelitian ini menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) Dua jalur dengan sel yang tidak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) yang menghasilkan kemampuan berfikir kritis matematis siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran auditori gaya, visual dan kinestetik terhadap berfikir kritis. Siswa dengan gaya belajar auditori dan visual lebih baik pada berfikir kritis matematis siswa (3) tidak terdapat interaksi  antara  model  pembelajaran dan gaya  belajar  terhadap  keterampilan berfikir kritis matematis siswa.
Downloads
References
A. Anggraini and Leonard, “Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,†Form. J.Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, tidak. 2, 2015.
MP Azmi, “Asosiasi Kemampuan Analogi Dengan Komunikasi Matematik
Siswa SMP,†Al-Jabar J. Pendidik. Tikar., jilid. 8, tidak. 1, pp. 91–
, 2017.
R. Ambarwati, Dwijanto, dan P. Hendikawati, “Keefektifanmodel Project- Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasimatematis Dan Percaya Diri Siswa Kelas VII,†Unnes J. Math. Pendidikan, jilid. 1, tidak. 1, pp. 180–186, 2015.
F. KIMSESIZ, E. DOLGUNSOZ, dan MY KONCA, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pengajaran Kosakata EFL untuk Pembelajar Muda Bahasa Inggris: Kasus Anak-anak Prasekolah, †Int. J.Lang. Pendidikan Mengajar., jilid. 5, tidak. 1, pp. 426–439, 2017.
E. Mulyadi, “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK,†J. Pendidik. teknol. dan Kejuru., jilid. 22, tidak. 4, pp. 385– 395, 2015.
D. Iriani and M. Leni, “Identifikasi Gaya Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap
Hasi Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMPN 2
Kerinci,†J. FMIPA Unila, vol . 1, tidak. 1, 2013.
S. Rijal dan S. Bachtiar, “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan
Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa,†J. Bioedukatika, vol.
, tidak. 2, hal. 15, 2015. [8] Murniyati and Winarto, “Perbedaan Penerapan Model PjBL dan PBL ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa,†PSEJ ( Pancasakti Sci. Educ. J. ), vol. 3, tidak. 1, hlm. 25–
, 2018. [9] N. Ratnasari, N. Tadjudin, M. Syazali, Mujib, and S.
Andriani, “Model Project Based Learning (PjBL) Pada Kemampuan
Representasi Matematika,†Tadris J. kegur. dan Ilmu Tarb., jilid. 3, tidak.
, hlm. 47–53, 2018.
Z. Ainurrizqiyah, Mulyono, and H. Sutarto, “Keefektifan Model PJBL Dengan Tugas Creative Mind-Map Untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa,†Unnes J. Math. Pendidikan, jilid. 4, tidak. 2, pp. 172–
, 2015.
OR Imawan, “Perbandingan Antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri,†PYTHAGORAS J. Pendidik. Tikar., jilid. 10, tidak. 2, hlm. 179–188, 2015.
N. Supriadi dkk., “Pemanfaatan Project Based Learning dan Guided Discovery Learning: Metode Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa,†Al-Ta'lim J., vol. 25, tidak. 3, pp. 262–271, 2018.
M. Adesty, Nurhanurawati, and Widyastuti, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Belief,†J. Pendidik. Tikar. Unila, vol. 2, tidak. 2, 2014.
N. Nurhayati, “Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,†Fibonacci J. Pendidik. Tikar. dan Mat., jilid. 3, tidak. 2, pp. 121–136, 2018.
FG Putra, “Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis,†Al-Jabar J. Pendidik. Tikar., jilid. 7, tidak. 2, pp.
–210, 2016.
D. Maulani, Suyono, and A. Noornia, “Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Siswa di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi,†JPPM, vol. 10, tidak. 2, pp. 14–24, 2017.
C. Permata, Kartono, and Sunarmi, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Model Pembelajaran TSTS Dengan Pendekatan Scientific,†Unnes J. Math. Pendidikan, jilid. 4, tidak.
, pp. 127–133, 2015.
T. Hartati and Suyitno, “Studi Komparatif Model Pembelajaran TAI Dan CIRC Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,†Unnes J. Math. Pendidikan, jilid. 4, tidak. 1, pp. 60–68, 2015.
Hapizah, Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Blended Learning dengan Strategi Probing- Prompting. Bandung: SPs UPI, 2015.
N. Supriadi, “Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs),†Al-Jabar J. Pendidik. Tikar., jilid. 6, no. 2, pp. 99–109, 2015.
I. Nuriadin, “Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Geometer's Sketchpad Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP,†J. Ilm. Progr. pejantan Matrmatika STKIP Siliwangi Bandung, vol. 4, tidak. 2, pp. 168–181, 2015.
N. Supriadi and R. Damayanti, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar,†Al-Jabar J. Pendidik. Tikar., jilid. 7, tidak. 1, 2016.
RY Andrianti, R. Irawati, and A. Sudin, “Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pengolahan Data,†J. Pena Ilm., jilid. 1, tidak. 1, pp. 471–480, 2016.
S. Zahara, “Peningkatan Kemampuan Penalaran Logis dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 24 Medan,†J. Pendidik. Tikar. Parad., jilid. 7, tidak. 3, 2014.
R. Sundayana, “Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika,†Mosharafa J. Pendidik. Tikar., 2016. [26] IR Arvianto, “Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Gaya Kognitif,†J. Mat. dan Pendidik. Tikar., jilid. 2, tidak. 1, pp. 36–47,
EA Purnomo and VD Mawarsari, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning,†J. Karya Pendidik. Tikar., jilid. 1, tidak. 1,
IMW Jagantara, MS Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, and SS Dr. Ni Luh Putu Manik Widiyanti, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma,†J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., jilid. 4, tidak. 1, Jul. 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.