HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN KOMIK

Authors

  • Yustinus Setio Laksono Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  • Gregoria Ariyanti Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  • Fransiskus Gatot Iman Santoso Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143

Keywords:

Minat belajar, prestasi belajar, STAD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa menggunakan
komik sebagai media pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif yang dikategorikan sebagai hubungan (asosiatif). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPK Santo Yusuf Madiun dan yang menjadi sampel adalah siswa-siswi kelas VII dengan rincian kelas VII A dengan jumlah 27 siswa dan kelas VII B dengan jumlah 38 siswa. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa dalam hal perasaan
senang, perhatian dan kemauan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan  hubungan positif antara minat belajar siswa dalam hal perasaan senang, perhatian dan kemauan secara bersama-sama dengan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika dan regresi berganda tiga prediktor didapatkan bentuk persamaan y = 6.4112 + 0.4003x 1 + 0.5417x 2 + 0.2961 x 3 dengan x 1 untuk minat belajar siswa dalam hal perasaan senang siswa, x 2 untuk minat belajar siswa
dalam hal perhatian siswa, dan x 3 untuk minat belajar siswa dalam hal kemauan siswa bernilai positif yang artinya diprediksikan akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-19

Issue

Section

Articles