Proses Berpikir Siswa pada Level Model Mental “Sintetis’ dalam Konsep Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi

Lady Agustina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses berpikir siswa pada level model mental “sintetis’ dalam konsep bilangan bulat berdasarkan teori pemrosesan informasi. Subjek pada penelitian ini adalah dua siswa yang berada pada level model mental “sintetis” kelas II. Tahapan pada penelitian ini adalah pemberian soal, memilih subjek yang berada pada level model mental sintetis dan wawancara. Hasil penelitian menyebutkan bahwa proses berpikir subjek yang berada pada level model mental sintetis berdasarkan teori pemrosesan informasi diawali dengan membaca soal yang diberikan peneliti terlebih dahulu sehingga stimulus bisa masuk pada otak. Soal yang diberikan akan masuk pada sensory register yang dapat melalui indra penglihatan dan pendengaran subjek. Rangsangan sensory register akan masuk ke dalam short term memory dengan cara attention. Tidak semua memory yang dipilih tadi bisa diproses semuanya oleh otak maka perlu dilakukan selective attention. Kemudian informasi akan diteruskan dalam short term memory dan akan terjadi retrieval. Selanjutnya pada tahapan ini, subjek memanggil kembali informasi yang pernah dia dapatkan dari short term memory pada long term memory. Sehingga saat adanya proses retrieval subjek mengalami forgotten sehingga lupa dengan bagaimana hasil proses penjumlahan bilangan negatif dan positif


Keywords


Proses Berpikir;Model Mental;Bilangan Bulat;Teori Pemrosesan Informasi

Full Text:

PDF

References


Badarudin, B. R. H., & Khalid, M. 2009. Using the Jar Model to Improve Students’ Understanding of Operations on Integers. Proceedings of icme-11–topic study group 10 research and development in the teaching and learning of number systems and arithmetic. 85

Baltaci, S. 2016. Examination Of Gifted Students’ Probability Problem Solving Process In Terms Of Mathematical Thinking. Malaysian Online Journal of Educational Technology. 4 (4). 18-35

Bofferding, L 2014. Negative Integer Understanding: Characterizing First Graders' Mental Models. Journal for Research in Mathematics Education, 45 (2). 194 – 245

Duffy, FM. 2012. Paradigms, Mental Models, and Mindsets In-Use. Creative Commons Attribution

Ernest, P. 2004. The Philosophy of Mathematics Education. UK: Taylor & Francis

Gagne, R. M. 1975. Esentials of Learning for Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston

Goh, L. S., Tengah, K. A., Shahrill, M., Tan, A., & Leong, E. 2017. Teaching and learning of integers using hands-on versus virtual manipulatives. Paper presented at the 3rd International Conference on Education 2017 (ICEDU 2017), Kuala Lumpur, Malaysia. 20-22 April 2017

Hayes, B., & Stacey, K. 1998. Teaching negative numbers using integers tiles. Melbourne, Australia: Heinemann

Kemendikbud. 2018. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Khalid, M., Ibrahim, M. B., Saad, S., Othman, J., Mohd Yussuf, Y., Embong, Z., 2018. A Preliminary Study on Form 1 Students? Errors and Misconception in Operations of Integers. Proceedings of National Education Deans’ Council Seminar [Medc 2018], Unisza. 7-8 November, 2019.

Khan, L. 2015. What is Mathematic – an Overview, International Journal of Mathematic and Computational Science. 1(3). 98-101

Makonye, J. P., & Fakude, F. 2016. A Study of Errors and Misconceptions in the Learning of Addition and Subtraction of Directed Numbers in Grade 8. SAGE Open. SAGE Open (October-December, 2016), 1- 10

Mudrikah, A. 2016. Problem-Based Learning Associated By Action-Process-Object-Schema (Apos) Theory To Enhance Students’ High Order Mathematical Thinking Ability. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 125- 135

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nayazik, A. & Sukestiyarno. 2012. Pembelajaran Matematika Model Ideal Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi untuk Pembentukan Pendidikan Karakter dan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Phytagoras. 7(2). 1-8

Ngilawajan, D.A. 2013. Proses Berpikir Mahasiswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia. 2(1). 71-83

Rohana, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahamahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal. 4 (1). 105-119

Sadler, J. T. 2012. The Positives about Negatives: A Study of Errors and Misconceptions with Integer Operations in Adult Education. State University of New York

Schindler, M., & Hubmann, S. 2013. About Students’ Individual Concepts of Negative Integer – In Terms of the Order Relation. Proceedings of Congress of European Research in Mathematics Education. 6-10 February. Turkey.

Solso, R.L, Maclin, O.H & Maclin, M.K. 2008. Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Steiner, C. J. 2009. A study of pre-service elementary teachers’ conceptual understanding of integers. Kent State University College and Graduate School of Education, US.

Syifa’ul. 2016. Proses Berpikir Siswa SMP Bergaya Kognitif Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(2). 237-245

Turk, C, dkk. 2016. Elementary School Students’ Mental Models about Formation of Seasons: A Cross Sectional Study. Journal of Education and Learning. 5 (1). 7 – 30

Widjaja, W., Stacey, K., & Steinle, V. 2011. Locating negative decimals on the number line: insights into the thinking of pre-service primary teachers. Journal of Mathematical Behavior, 30(1), 80-91

Wulandari&Damayanti. 2018. Scaffolding Based on Telolet Game in Teaching Integers. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML). 1 (2). 36-39


Article Metrics

Abstract has been read : 391 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats