Efektivitas Study For Home Dengan Menggunakan Cisco Webex Dengan Bantuan Aplikasi Software Maple Ditinjau Dari Kemampuan Self-Efficacy Pada Materi Integral Siswa Kelas XI SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Jiha Nova Sari Universitas Asahan
  • Anim Anim Universitas Asahan
  • Dewi Astuti Universitas Asahan
  • Anil Hakim Syofra Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11329

Keywords:

Integral, Efektivitas Study for Home, Kemampuan Self-efficacy, Aplikasi Cisco Webex

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas siswa dalam study for home dengan menggunakan Cisco Webex dengan bantuan aplikasi software Maple ditinjau dari kemampuan self-efficacy pada materi Integral kelas XI IPA-1 SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini menggunakan menggunakan objek. Objek yang didapat peneliti berdasarkan Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket self-efficacy yang terdiri dari 36 pernyataan. Angket yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada 3 indikator dari kemampuan self-efficacy. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh hasil angket self-efficacy siswa dengan hasil rata-rata kelas 67,4% dengan kategori “cukup efektifâ€untuk dilakukan di sekolah SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afgani, M. W. (2016). Pemecahan Masalah dan Menanam Pemahaman Konsep Matematika Melalui Software Maple. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85–103.

Chahyadi, A. B., Sitompul, H., & Panjaitan, K. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Merakit Personal Komputer. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(2), 117. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16955

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89

Junaidi. (2015). Penggunaan Software Maple Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Integral. Visipena Journal, 7(2), 197–207. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.335

Muhammad Saleh Taher, J. A. R. H. T. (2020). The Effectiveness of Class Discussion Learning Method By Using Cisco Webex Application in Improving Students’ Speaking Skills and Learning Outcomes At the English Language Department of University of Muhammadiyah Tangerang. Ijlecr - International Journal of Language Education and Culture Review, 6(1), 69–73. https://doi.org/10.21009/ijlecr.061.09

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548

Downloads

Published

2022-03-03

Issue

Section

Articles