Pengembangan Media Alat Optik Berbasis IOT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK di Kota Madiun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan media pembelajaran alat optik berbasis internet of things (IoT) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa di SMK Gamaliel Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan yaitu pra-eksperimen dengan rancangan yang digunakan yaitu one group pretest-postest design. Hasil dari penelitian ini diperoleh : (1) belum ada media praktikum alat optik berbasis IoT di SMK Gamaliel Kota Madiun, (2) media alat praktikum di SMK Gamaliel kota Madiun masih konvensional belum terintegrasi teknologi, (3) hasil keterampilan proses sains siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 43,75 dengan minimum hasil ketuntasan adalah 75,00. Dari data diatas sangat direkomendasikan untuk menerapkan media alat optik berbasis IoT menggunakan Node_MCU untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hasil N-gain menunjukkan 0,73 termasuk kategori tinggi dan Hasil Uji T Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 sehingga terjadi perbedaan antara hasil pretest dan postest.
Full Text:
PDFReferences
Amir, h. (2019). metode penelitian & pengembangan (reseach & development). CV.literasi nusantara abadi.
Bahtiar. (2017). Pengaruh Model Praktikum Fisika Berbasis Guided Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Mataram. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan , ISSN 2598 - 1978.
Dr. Candra, E. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta .
Edy, R. (2012). identifikasi kesalahan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum mata kuliah konsep IPA 2 .
Gay dalam Amir hamzah, M. (2019). Metode penelitian dan pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.
Hamzah, D. A. (2019). metode penelitian & pengembangan (reseach & Development). Malang: CV.literasi nusantara abadi.
Indra, d. (2020). Prototipe penerapan IoT pada monitoring level air tandon menggunakan nodemcu eps2866 dan blynk. Jurnal informatika dan teknologi , 1-7.
Nafisah, D. (2018). Pembelajaran fisika berbantuan alat peraga proyektor smartphone untuk meningkatkan pemahaman konsep optik pada siswa SMP. Unnes Physics Education journal.
Pujianto. (2016). Buku Siswa Fisika Untuk SMA / SMK Kelas XI. Klaten: Intan Pariwarna.
Article Metrics
Abstract has been read : 771 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats