Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Program IPS SMA Negeri 1 Kisaran

Authors

  • Mapilindo Mapilindo Universitas Asahan
  • Sri Rahmayanti Universitas Asahan
  • Bambang Gulyanto Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10509

Keywords:

Hasil Belajar, Modul

Abstract

Penilaian modul merupakan pendekatan baru yang diperkenalkan para ahli pendidikan untuk dilaksanakan di sekolah selain pendekatan penilaian yang telah lama digunakan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran Pendidikan matematika dalam pencapaian hasil belajar siswa secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri atas 215 siswa. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan modul pembelajaran memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran tanpa menggunakan modul dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Uji yang dilakukan adalah n-gain, uji normalitas, uji homogenitas serta uji T-test (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan modul perhitungan n-gain adalah 0,61 dikategorikan sedang. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Sminorv menunjukkan signifikan 0,200 (pretest), 0,092 (posttest), 0,200 (gain), dan 0,200 (n-gain) yang menunjukkan signifikansi > 0,05 (berdistribusi normal). Uji homogenitas dengan Lavene test menunjukkan signifikansi rata-rata 0,98 > 0,05 (homogen). Rata-rata nilai kelas sebelum dan sesudah penggunaan modul naik dari 61,13 menjadi 85,13 dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh tingkat signifikansi 0,00, < 0,05 (efektif). Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa pemberian modul matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori peningkatan “sedangâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, R., Ghazi, S.R., Khan, M.S.,Hussain, S., Faitma.,Z.T. (2010). Develope and Effectiveness of Modular Teaching in Biology at Secondary Level. University of Science & Technology, Bannu, (NWFP) Pakistan. Asian Social Science, 6(9), 49-54. DOI:10.5539/ass.v6n9p49

Ardiansyah, S., Ertikanto, C., Rosidin, U.. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 265-278.

DOI:10.24127/jpf.v7i2.1489

Abdurahman, Maman, dkk. Dasar-dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional

Arikunto. S. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Badawi, A. I. & Qaddafi, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar pesert didik Kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 110-116. DOI:10.24252/jpf.v3i2.3716

Meltzer D. E. (2002). The Relationship Between Mathemathics Prepara- tion and Conceptual Learning Gains in Physics: A possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Score. American Journal Physics, 7. 1259-1268. DOI: 10.1119/1.1514215fs

Downloads

Published

2021-09-08

Issue

Section

Articles