Analisis Tingkat Kognitif Soal Modul Pengayaan Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Melvi Khairani Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta Universitas Bengkulu
  • Nurul Astuty Yensy B Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10249

Keywords:

Modul Pengayaan, Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal – soal bab persamaan garis lurus dan sistem persamaan linear dua variabel pada modul pengayaan matematika kelas VIII semester 1 terbitan putra nugraha berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal – soal bab persamaan garis lurus dan sistem persamaan linear dua variabel pada modul pengayaan matematika kelas VIII semester 1 terbitan putra nugraha. Soal pada bab persamaan garis lurus terdiri dari 60 soal yang memuat soal dengan tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 2 soal (3,33%), memahami (C2) sebanyak 2 soal (3,33%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 56 soal (93,34%) dan tidak memuat soal dengan tingkat kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan soal pada bab sistem persamaan linear dua variabel terdiri dari 56 soal yang memuat soal dengan tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 2 soal (3,57%), memahami (C2) sebanyak 1 soal (1,79%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 49 soal (87,50%), menganalisis (C4) sebanyak 4 soal (7,14%) serta tidak memuat soal dengan tingkat kognitif mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, H., Andriani, H., & Sukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (2010th ed.). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauziyyah, H. N. (2020). Ananalisis Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas VIII Ditinjau Dari Revisi Taksonomi Bloom. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masithoh, D. D., & Abdah, Z. A. El. (2019). Program Perbaikan dan Pengayaan. Umsida Repository. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6579

Nursyaidah. (2020). Analisis Soal Uji Kompetensi Pada Buku Siswa Matematika Kelas VIII Kurikulum 2013 Berdasarkan Ranah Kognitif Dalam Taksonomi Bloom. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga: Salatiga.

Paicasari, N. N. Y., Sarjana, K., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2021). Analisis soal uji kompetensi pada buku paket matematika siswa kurikulum 2013 untuk SMP / MTs kelas VII semester 1 ditinjau dari taksonomi Bloom. 1(2), 99–105.

Puspendik. (2018). Hasil UN Mata Ujian Matematika 2017-2018-2019.pdf. Jakarta: Puspendik Kemendikbud. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2017-2018-2019!smp!capaian_wilayah!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&

Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41–54.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 67. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509

Utami, S. Y., & Nurgiyantoro, B. (2016). Kualitas Soal dan Daya Serap Tes Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP di Gunung Kidul. Jurnal Diksi, 24(1), 52–62.

Yezita, E., Rosha, M., & Yerizon. (2012). Mengkonstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Segitiga dan Segiempat Menggunakan Bahan Ajar InterAktif Matematika Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1(No 1), 54–59.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA) ANGGOTA IKAPI.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles