PENGARUH RELIGIUSITAS DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PERILAKU SEKS BEBAS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOASRI KABUPATEN MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.455Abstract
Adanya pelajaran tentang agama, rutinitas dalam beribadah dan memberikan pemahaman tentang interaksi sosial yang positif bagi peserta didik akan bisa memberikan antisipasi terhadap perilaku-perilaku menyimpang khususnya seks bebas pada kalangan remaja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya 1) Pengaruh Religiusitas terhadap Perilaku Seks Bebas 2) Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Perilaku Seks Bebas 3) Pengaruh Religiusitas dan Interaksi Sosial terhadap Perilaku Seks Bebas Siswa Kelas XI SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun.
      Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post-facto. Populasi penelitian yaitu kelas XI SMKN 1 Wonoasri dengan jumlah 360 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sebanyak 55 siswa atau 21% dari jumlah populasi 360 siswa. Hasil Penelitian dianalisis menggunakan rumus bangun korelasi Product Moment dan analisis regresi dua prediktor, dan untuk menguji koefisien regresi secara keseluruhan menggunakan uji F dengan taraf signifikan 5%
Dari hasil data mengenai Religiusitas dan interaksi sosial terhadap perilaku seks diperoleh Freg sebesar 123,92 dan dikonsultasikan dengan Ftabel untuk 55 adalah 3.17 , sehingga Freg >Ftabel (123,92 > 3.17). Sehingga hipotesis diterima, artinya ada pengaruh Religiusitas dan interaksi sosial terhadap perilaku seks bebas. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada pengaruh religiusitas terhadap perilaku seks bebas siswa kelas XI SMKN 1Wonoasri Kabupaten Madiun; (2) ada pengaruh interaksi sosial terhadap perilaku seks bebas siswa kelas XI SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun; (3) ada pengaruh religiusitas dan interaksi sosial terhadap perilaku seks bebas siswa kelas XI SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun. Â
Â
Kata Kunci : Religius, Interaksi Sosial, Perilaku Seks BebasDownloads
References
Ancok, D. & Fuat N. S. 2004.Psikologi Islami. Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Betha, F & Ahyani, F.Jurnal Psikologi. Perilaku Seksual Pranikah Ditinjau Dari Intensitas Cinta dan Sikap Terhadap Pornografi Pada Dewasa Awal. Riau: UIN SUTAN SYARIF Riau. Didownload tanggal 1 April 2015 Pukul 08.00
Feist, J.& Gregory, F. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.
Ghufron, N & Risnawati, R. S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Naim, N. 2012. Character Building. Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Soekanto, S. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta.
. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta.
Sunanti, Z. S. 2001. Perilaku Seks di Kalangan Remaja dan Permasalahannya. Media Litbang Kesehatan Volume XI Nomor 1 Tahun 2001. Puslitbang Ekologi Kesehatan. Diunduh tanggal 20 Maret 2015 pukul 18.29
Wulansari, D. 2009. Sosiologi (Konsep dan Teori). Bandung: Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.