Efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik self-management untuk meningkatkan resiliensi siswa

Authors

  • Hasanah Hasanah Universitas Tanjungpura
  • Muhammad Asrori Universitas Tanjungpura
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.20375

Keywords:

Group Counseling, Self Management, Resilience

Abstract

Kurangnya kemampuan dalam penyelesaian konflik, mengendalikan diri, sulit beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan orang lain merupakan permasalahan yang dialami siswa. Sebagai siswa, tentunya resiliensi yang baik sangat diperlukan agar dapat melaksanakan proses pembelajaran sebagaimana mestinya serta mampu menjalin hubungan sosial yang baik antar sesama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik self-management untuk meningkatkan resiliensi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Pre-Test dan Post-Test One Group Design. Sampel diambil berdasarkan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 7 orang siswa yang memiliki tingkat resiliensi terendah dari populasi yang berjumlah 70 orang yaitu siswa kelas X yang memiliki tingkat resiliensi rendah. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh hasil rata-rata Pre-Test (sebelum diberikan perlakuan) adalah 55 dan Post-Test (sesudah diberikan perlakuan) adalah 70. Selanjutnya, diperoleh thitung menggunakan Paired Sample T-test yaitu sebesar -6.806 dengan Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 serta hasil Effect Size 1,5 very large (sangat besar), yang artinya Ha diterima H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara tingkat resiliensi siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-management sangat efektif untuk meningkatkan resiliensi siswa.

Abstract: The lack of conflict resolution skills, self-control, and difficulty in adapting and adjusting to others are problems that students face. As students, good resilience is certainly needed in order to carry out the learning process properly and to build good social relationships with others. The purpose of this study is to examine the effectiveness of group counseling using self-management techniques to enhance the resilience of 10th-grade students at SMA Negeri 1 Sungai Kakap. The research method used is experimental, with a Pre-Experimental Design in the form of a Pre-Test and Post-Test One Group Design. The sample was taken based on non-probability sampling with purposive sampling technique. The sample consisted of 7 students who had the lowest levels of resilience out of a population 70, especially 10th-grade students with low resilience. Based on the calculations, the average Pre-Test score (before the treatment) was 55, and the average Post-Test (after the treatment) was 70. Furthermore, the t-value obtained using the Paired Sample T-test was -6.806 with a Sig (2-tailed) value of 0.000 < 0.05 and an Effect Size result of 1.5, indicating a very large effect. This means that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, and the null hypothesis (H0) is rejected. Therefore, there is a significant difference in the resilience levels of students before and after receiving group counseling with self-management techniques, demonstrating that it is highly effective in enhancing the resilience of 10th-grade students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, D. N., & Kadafi, A. (2020). Effects of Self-Instruction and Time Management Techniques in Group Counseling to Reduce Academic Procrastination. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 112–121. Retrieved from https://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk/article/view/12585 DOI: https://doi.org/10.17977/um001v5i32020p112

Azzahra, F. (2017). Pengaruh Resiliensi Terhadap Distres Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1), 80–96. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v5i1.3883

Desmita, R. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Retrieved from http://opac.fitk.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=14350

Elvina, S. . (2019). Teknik Self Management Dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 123–138. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1058 DOI: https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1058

Imro’atun, S. (2017). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p050 DOI: https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p050

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karier Pada Siswa SMA. Junal Fokus, 4(3), 219–226. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.6020 DOI: https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.6020

Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja | Jurnal Edukasimu. Edukasimu.Org, 1(3), 1–9. Retrieved from http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/49

Prawitasarim, T., & Antika, E. R. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–9. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1195

Putri, & Tobing. (2020). Tingkat Resiliensi Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 10(1), 1–6. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340379432_Tingkat_Resiliensi_dengan_Ide_Bunuh_Diri_Pada_Remaja DOI: https://doi.org/10.33221/jiiki.v10i01.392

Rizani Khomsah, N., Mugiarso, H., & Kurniawan, K. (2018). Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory And Application, 7(2), 46–53. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Rusdiana, I. (2017). Konsep Authentic Happiness pada Remaja dalam Perspektif Teori Myers. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.23 DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.23

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Selimayati, S., Asrori, M., & Halidjah, S. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik. Junal Untan, 10(2), 1–15. Retrieved from http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.fishres.2013.04.005%0Ahttps://doi.org/10.1038/s41598- DOI: https://doi.org/10.1016/j.fishres.2013.04.005

Seriwati, S. (2017). Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 56–60. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/fokus.v2i4.4664 DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.699

Siregar, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALPHABETA.

Suryanti, S. E., Parmawati, A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 4(2), 181–192. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/j_consilia/article/view/14304 DOI: https://doi.org/10.33369/consilia.4.2.181-192

Trifena, R., Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2020). Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Self-Manageent untuk Mengurangi Perilaku Merokok Siswa di SMP Negeri 1 Teriak. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 5(2), 46–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i2.785 DOI: https://doi.org/10.26737/jbki.v5i2.785

Wahyudi, A. (2018). Factors Affecting Individual Resilience. Journal Atlantis Press, 17(3), 21–32. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.6 DOI: https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.6

Wulandari, & Kumalasari, D. (2022). Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa: Bagaimana Kaitannya Dengan Dukungan Dosen. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.33024/jpm.v4i1.5058 DOI: https://doi.org/10.33024/jpm.v4i1.5058

Yuwanto, L. (2019). Metode Penelitian Eksperimen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles