Penerapan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku asertif siswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.17730Keywords:
Group guidance, role playing, assertive behaviorAbstract
Permasalahan asertif dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan peserta didik, seperti mengganggu hubungan interpersonal, menurunkan rasa percaya diri, serta menimbulkan stres dan ketegangan emosional. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik memiliki sikap asertif untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih sehat, namun kenyataannya masih ditemukan peserta didik yang belum atau enggan berperilaku asertif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan perilaku asertif siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan dua siklus. Subyek penelitian diambil 10 orang siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan pedoman observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara deskriptif persentase. Hasil analisa dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan skor kinerja layanan bimbingan kelompok sebesar 33,3%, peningkatan skor partisipasi siswa dalam layanan bimbingan kelompok sebesar 42,6%, peningkatan skor angket sebesar 10,5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bahwa dengan menerapkan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing dapat meningkatkan sikap asertif peserta didik salah satunya terwujud melalui keterampilan komunikasi yang lebih efektif dan sehat.
Abstract: Assertiveness problems can have a significant impact on students' lives, such as disrupting interpersonal relationships, reducing self-confidence, and causing stress and emotional tension. Therefore, students need to have an assertive attitude to develop healthier communication skills, but in reality there are still students who do not or are reluctant to behave assertively. This research aims to determine the effort to increase assertive behavior through role-playing technique group guidance for 10th-grade students of SMK Muhammadiyah Wates Kulon Progo Yogyakarta. This research uses an action research approach to guidance and counseling with two cycles. The research subjects were taken by 10 students who were determined by purposive sampling technique, while the instruments used to collect data were questionnaires and observation guidelines. The data obtained were then analyzed by descriptive percentage. The result of the analysis can be stated that there was an increase in the performance score of group guidance by 33,3%, an increase in the score of student participation in group guidance services by 42,6%, and an increase in the score of the score of the questionnaire by 10,5%. The results of the research indicated that assertive behavior can be increased through group guidance with role-playing techniques.
Downloads
References
Anisah, L. (2016). Kompetensi Profesional Konselor Dalam Penyelengggaraan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 59–64.
Azwar, S. (2022a). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2022b). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka Pelajar.
Butar, M. B. (2017). Hubungan Perilaku Asertif Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Tebing Tinggi. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(4), 525–532.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Guna, T. La, & Ulfa, M. (2019). Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Di SMA I Muhammadiyah Baubau. JEC (JURNAL EDUKASI CENDEKIA), 3(2), 24–32.
Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. UD Duta Sablon.
Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling (I). PT Indeks.
Hidayatullah, R. M., & Alifah, N. (2022). Perilaku asertif dengan harga diri mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(1), 14–32. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v2i1.14-32
Hikmah, N. (2021). Parent’s Intrepersonal Communication in Assertive Behavior Development for Teenagers. Journal of Islamic Communication and Media Studies, 1(1), 67–78.
Karniyanti, N. K., & Lestari, M. D. (2018). Peran Kontrol Diri dan Asertivitas Pada Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pranikah PAda Remaja Akhir Perempuan di Bangli. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 72–85.
Kustiawan, W., Khaira, A., & Nisa, A., Nurhalija, M. & Ramadhan, R. (2022). Komunikasi Asertif dan Empatik dalam Psikologi Komunikasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2483–2496.
Kusuma, W., Basirun, & Soraya, S. (2021). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui Penyusunan Instrumen Penelitian. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i2.51
Mamahit, H. C., Dinoto, R., Nataniel, M., Lewoleba, M. P., & Reandsi, H. W. (2021). Penerapan teknik bermain peran melalui konseling kelompok untuk melatih perilaku asertif sepuluh siswa kelas VIII SMP Kolose Kanisius Jakarta. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 673–683. https://doi.org/10.29210/30031209000
Mardison, S. (2016). Konformitas Teman Sebaya dan Perilaku Kenakalan Remaja di Sekolah. Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 78–90. https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.15
Matondang, A. M., & Sartika, N. (2018). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Teknik Bermain Peran Dalam Meningkatkan Komunikasi Naposo Nauli Bulung. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 1(1), 41. https://doi.org/10.32505/enlighten.v1i1.515
Munir, L. Z. (2019). Kemampuan Asertif melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Diskusi Kelompok dan Bermain Peran. As-Sabiqun, 1(2), 99–117. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.362
Nabila, H., & Fauziah, M. (2022). Upaya penanganan masalah perilaku asertif pada remaja melalui layanan bimbingan kelompok. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan …, 332–344. http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12311%0Ahttp://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/download/12311/2954
Novalia, & Dayakisni, Tr. (2013). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 172–178.
Novianti, H. (2018). Efektivitas Teknik Role Playing untuk Mengembangkan Perilaku Asertif Remaja. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01), 133–154. https://doi.org/10.24235/prophetic.v1i01.3483
Nurhidayatullah, D., & Arifin, A. (2023). Penerapan Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif dan Empati Siswa SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal J-BKPI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 42–53.
Nurmalasari, A., Nurmala, M. D., & Prabowo, A. S. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bojonegara. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktek), 6(1), 1–4.
Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman. JUBIKOPS Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15127/14623
Sadewa, I., Mutakin, F., & Triana, D. (2022). Meningkatkan Asertifitas Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 85–95. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1481
Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri Siswa SMAN 1 Babelan. Enlighten: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 18–23.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling (I). UNJ Press.
Suntari, E., & Triningtyas, D. A. (2015). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Play Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Kelas Viii-E Smp Negeri 1 Barat Kabupaten Magetan. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 9–26. https://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.447
Wuri, H. R. (2015). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Anggota OSIS SMP Negeri 1 Pakem. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1–10.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.