Efektivitas Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Santri

Authors

  • Febranti Putri Navion UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Zakiyah Khasanah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v13i2.16095

Keywords:

Kepercayaan Diri, Konseling Individu, Teknik Self-instruction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan teknik self instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri pada santri Pondok Pesantren Mambaus Sholihin 2 Blitar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pemberian konseling individu dengan mendukung adanya perubahan kepercayaan diri santri yang rendah menjadi kepercayaan diri yang lebih tinggi dengan ditandai yaitu cara berfikir yang lebih positif, berani mengambil keputusan dan optimis dalam menjalankan kewajiban. Dalam penelitian ini, metode eksperimen subjek tunggal diterapkan dalam bentuk single subject research (SSR) dalam desain A-B-A. Pada kondisi baseline 1 (A1) dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan mean skor 136, pada kondisi intervensi (B) sebanyak 4 kali pertemuan dengan mean skor 172 dan pada fase baseline 2 (A2) dilakukan 3 kali dengan mean skor 199. Pemberian teknik self-instruction terbukti mampu untuk meningkatkan kepercayaan diri santri. Dari uji N-Gain Score didapatkan skor 0,52 atau 52%, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self instruction cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaliyana, Sandhika Anggun dan Ummah, A. K. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Pendidikan, 2(1), 246–252.

Baker, S. B., & Butler, J. N. (1984). Effects of Preventive Cognitive Self-Instruction Training on Adolescent Attitudes, Experiences, and State Anxiety. The Journal of Primary Prevention, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.1007/BF01332030 DOI: https://doi.org/10.1007/BF01332030

Bryant, L. E., & Budd, K. S. (1982). Self-Instructional Training to Increase Independent Work Performance in Preschoolers. Journal of Applied Behavior Analysis, 15(2), 259–271. https://doi.org/10.1901/JABA.1982.15-259 DOI: https://doi.org/10.1901/jaba.1982.15-259

Cormier S, S. . N. (2003). Intervening and Change Strategies For Helper. Brooks.

Dobson, K. S. (Ed.). (2010). Handbook of Cognitive-Behavioral Therapies (Third Edit). The Guilford Press.

Hakim, T., Swara, P., Florensia, B. S., & Wirakusumah, E. S. (2005). Mengatasi rasa tidak percaya diri / Thursan Hakim ; penyunting, Benedicta S. Florensia ; ilustrator isi, Emma S. Wirakusumah dan Puspa Swara | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Puspa Swara.

Hurlock, E. B. (1973). Adolescent Development. Yokyo : McGraw-Hill Kogakusha.

Kartika, M. (2019). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Low Self Confidence Pada Pembelajaran Fisika Kelas VII A SMPN 4 Tellulimpoe Kab. Sinjai. UIN Alaudin Makassar.

Kartono, K. (1995). Psikologi Anak; Psikologi Perkembangan. Mandar Maju.

Lauster, P., & Gulo, D. (2006). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.

Lautser. (2008). Tes Kepribadian. PT Bumi Aksara.

Prasetyo, D. B. (2013). Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. University of Tsukaba.

Widiyanti, A. (2013). Kefeektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-efficacy dalam Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang.

Zamakhsyari, D. (1982). Tradisi Pesantren : Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3ES.

Downloads

Additional Files

Published

2023-11-22

Issue

Section

Articles