Adversity Quotient Dan Stres Akademik Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi

Zaki Nur Fahmawati, Iqbal Malik Ibrahim, Lely Ika Mariyati

Abstract


Penelitian ini di dasari oleh adanya stres akademik yang dialami oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara adversity quotient dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi pada Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Adapun populasinya 650 mahasiswa FPIP yang sedang menyusun skripsi dengan memakai        tabel krejcie dan mendapatkan sampel sebanyak 242 mahasiswa yang diambil memakai teknik simple random sampling. Analisis penelitian ini menggunakan JASP vers 0.15 Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar signifikasi = -0.436 yang berarti bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara adversity quotient dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Keywords


Adversity Quotient; Stres Akademik; Mahasiswa Yang Menyusun. Skripsi

Full Text:

PDF

References


Alimah, C., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19. Character:Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 160–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40972

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171.

Capuras, S. B., Engada, M. V. R., Inoferio, H. J. T., & Querubin, I. E. M. (2016). Adversity Quotient And Perceived Academic Stress As Predictors Of The Academic Performance Of Cdu-Crs Internship Candidates. 1–94. https://www.mendeley.com/research/82d39e9b-86fc-3dd9-baa2-8ffe0fbd81c5/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.4&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B3b4968a9-2662-44ca-a02e-309b5ae4e590%7D

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Haryandi. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kecemasan Menghadapi Tantangan Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Universitas Negeri Makassar Makassar.

Kahfi, M. A. (2020). Dimensi Kecerdasan AQ ( Adversity Quotient ) Anak Dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2, 66–87. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.569

Khaerunnisa, E. (2016). Studi Deskriptif Adversity Quotient Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasar Jenis Kelamin Dan Kemampuan Mahasiswa. Jppm, 9(1), 83–92.

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Tujuan Kedisiplinan. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–62.

Maulana, M. D. (2020). Hubungan Adversity Quotient Dengan Academic Stress Pada Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi Angkatan 2020 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nizar, M. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Sari Apel di Kecamatan Tutur. Jurnal Ekonomi Islam, 1–19.

Pariat, M. L., Rynjah, M. A., Joplin, M., & Kharjana, M. G. (2014). Stress Levels of College Students: Interrelationship between Stressors and Coping Strategies. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(8), 40–45. https://doi.org/10.9790/0837-19834046

Pratiwi, M., & Satwika, Y. W. (2018). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Universitas X. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 56–65.

Putri, S. ardiyan, Zulharman, & Firdaus. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM), 53(9), 1689–1699.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 1(2), 37–72. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Supradewi, R. (2021). Stres Akademik Ditinjau Dari Adversity Quotient Mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula Tahun Pertama Pada Masa Pandemi Covid-19 Maret 2021. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 3(0), 81–93. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/psisula/article/view/18793

Tuhumury, N. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp

Utama, P. (2020). Pengaruh Intensitas Menghafal Al Qur’an Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Melalui Mediasi Stres Akademik Santri Di Pondok Pesantren. Jurnal Kewidyaiswaraan, 5(2), 12–25. http://jurnalpjf.lan.go.id/index.php/jurnalkewidyaiswaraan/article/view/74

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. 6–18.

Zakaria, D. (2017). Tingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 1–45. https://eprints.umm.ac.id/43367/1/jiptummpp-gdl-dhickyzaka-47398-1-naskahp-i.pdf


Article Metrics

Abstract has been read : 587 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v13i2.15963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.