Inferiority Feeling Scale: Analisis Validitas Instrumen Menggunakan Rasch Model

Zahra Andika Farsya, Dodi Suryana, Yaya Sunarya

Abstract


Perasaan rendah diri (inferiority feeling) merupakan salah satu perasaan yang saat ini sering dirasakan oleh generasi muda. Beberapa ahli mengatakan inferiority feeling muncul disebabkan karena individu merasa kurang berharga atau kurang mampu dalam menjalani kehidupan. Perasaan rendah diri masih menjadi salah satu permasalahan yang dialami remaja bahkan sampai saat ini karena tidak sedikit remaja yang merasa tidak mampu bersaing, merasa jelek, merasa kurang dalam hal perekonomian, merasa bodoh, tidak memiliki kepercayaan diri, merasa tidak mampu berprestasi, dan banyak hal-hal lainnya, karena itu diperlukan instrumen yang dapat mengukur perasaan rendah diri remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diolah menggunakan Winsteps versi 3.73. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen perasaan rendah diri termasuk dalam jenis instrumen yang baik, valid, dan reliabel.

Keywords


Validitas; Perasaan Rendah Diri; Rasch Model.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., & Karunia, D. (2017). Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Kelas XI Di SMA Negeri 8 Mataram. Jurnal Realita, 2(1), 194-207. https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.743

Andrich, D. Andrich, D. (2010). Rasch Models In International Encyclopedia Of Education. Pergamon, 111-122. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00258-X

Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2014). Rasch Analysis In The Human Sciences. New York: Springer.

Deviana, T., Hayat, B., & Suryadi, B. (2020). Validasi Instrumen Social Provision Scale Pada Siswa Sekolah Menengah Atas: Studi Dengan Penerapan Rasch Model. Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(1), 1-15.

Djollong, A, F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. ISTIQRA’, 2(1), 86-100.

Gunawan, M, A. (2015). STATISTIK PENELITIAN: Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Ibnu, M., Indriyani, B., Inayatullah, H., & Guntara, Y. (2019). Aplikasi Rasch Model: Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Miskonsepsi Mahasiswa Pada Materi Mekanika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Ilfiandra., dkk. (2022). Development and Validation Peaceful Classroom Scale: Rasch Model Analysis. International Journal of Instruction, 15(4), 497-514.

Indihadi, D., Suryana, D., & Ahmad, A, B. (2022). The Analysis Of Construct Validity Of Indonesian Creativity Scale Using Rasch Model. Creativity Studies, 15(2), 560–576. https://doi.org/10.3846/cs.2022.15182

Irma, S., Yusuf, A., & Purwanti, P. Studi Kasus Tentang Perilaku Rendah Diri Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).

Jati, N, I, K. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Rendah Diri Pada Siswa. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Magdalena, I., Fauziah, S, N., Faziah, S, N., & Nupus, F, S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198-214. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i2.1291

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127-138.

Muntazhimah, M., Putri, S., Khusna, H. (2020). Rasch Model untuk Memvalidasi Instrumen Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 65-74. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144

Noviekayati, IGAA., Farid, M., & Amana, L, N. (2021). Inferiority Feeling Pada Remaja Panti Asuhan: Bagaimana Peranan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 104-118. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4826

Panhayuti, P., dkk. (2020). Analisis Pemetaan Kemampuan Numerik Siswa SMK Model Teori Respon Butir. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 11-22. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.640

Suharman, S. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93-115.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Komunikata Publishing House.

Susdelina, S., Perdana, S, A., & Febrian, F. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah 6(1), 41-48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Taufiq, A., Yudha, E, S., Hapsah, Y., & Suryana, D. (2021). Examining the Supervision Work Alliance Scale: A Rasch Model Approach. The Open Psychology Journal, 14, 179-184. http://dx.doi.org/10.2174/1874350102114010179

Wolfe, W, B. (1999). Alfred Adler: The Pattern Of Life. Oxfordshire: Routledge

Yusuf LN, S. (2016). Konseling Individual KOnsep Dasar & Pendekatan. Bandung: PT Refika Aditama.

Yusuf, S., Budiman, N., Yudha, E, S., Suryana, D., & Yusof, S, M, J, B. (2021). Rasch Analysis of the Indonesian Mental Health Screening Tools. The Open Psychology Journal, 14, 198-203. http://dx.doi.org/10.2174/1874350102114010198

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.


Article Metrics

Abstract has been read : 302 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v13i2.15179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.