Implementasi Filsafat Perenialisme Dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Novi Triana Habsari IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/ajsp.v3i01.908

Keywords:

filsafat perenialisme, pembelajaran sejarah

Abstract

Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi dan solusi terhadap pendidikan progresif dan atas terjadinya suatu keadaan yang mereka sebut krisis kebudayaan dalam kehidupan manusia modern. Perenialisme menentang pandangan progresivisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru. Jalan yang ditempuh oleh kaum perenialis adalah dengan jalan mundur, dengan menggunakan kembali nilai-nilai atau prinsip umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kuat, kukuh pada zaman kuno dan abad pertengahan. Metode pembelajaran yang digunakan oleh para kaum perenialis adalah membaca dan diskusi, yaitu membaca dan mendiskusikan karya-karya yang termashur dalam rangka mendisplinkan pikiran. Guru berperan bukan sebagai perantara antara dunia dan jiwa anak, melainkan guru juga sebagai murid yang mengalami proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-01-2013

Issue

Section

Articles