Potensi pengembangan materi ajar sejarah lokal Kabupaten Pesisir Selatan pada pembelajaran sejarah di tingkat SMA

Ridho Bayu Yefterson, Siti Fatimah, A Asriadi, Uun Lionar

Abstract


Pengembangan materi pembelajaran sejarah kontekstual perlu dilakukan guru untuk mengatasi rasa bosan siswa dalam belajar sejarah. pemanfataan untuk materi sejarah lokal akan menjadi menarik dan bisa memperkuat narasi sejarah nasional. Materi sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah kontekstual ada potensi memperkuat identitas nasional siswa SMA. Penelitian bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan sejarah lokal di kabupaten Pesisir Selatan mulai dari periode sejarah hindu buddha Indonesia hingga periode kontemporer, yang mempunyai relevansi dalam pembelajaran sejarah SMA. Temuan penelitian terhadap potensi sejarah lokal Pesisir Selatan seperti kerajaan Inderapura, kesultanan Inderapura, lakon Batangkapas, Perang Bayang, Tambang Emas Salido, Loji VOC pulau Cingkuak, kehidupan sosial ekonomi dan pendidikan masyarakat zaman kolonial, tokoh ilyas jacob, kehidupan sosioekonomi dan pendidikan masyarakat masa penjajahan Jepang serta kemerdekaan dari Belanda bisa diadaptasi untuk pengembangan materi ajar. Pemanfaatan tersebut dilakukan dengan dua cara, yaitu pengintegrasian materi sejarah lokal dalam mata pelajaran sejarah Indonesia dan lawatan wisata sejarah memanfaatkan objek sejarah di lingkungan.

Keywords


materi ajar; Pesisir Selatan; sejarah

Full Text:

PDF

References


Ajisman. (2018). Orang Minangkabau di Muko-muko dalam Perspektif Sejarah 1945-2003. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(1).

Amran, R. (1981). Sumatera Barat Hingga Plakat Panjang. Sinar Harapan.

Aslan, E. (2000). Definition, development and value of local history. In New approaches in history writing: Globalisation and localisation. Economic and Social History Foundation of Turkey.

Danacioglu, E. (2001). Sign of history: A guideline for history right next to us. History Foundation Yurt Publication.

Demircioglu, I. H. (2010). Student-centric approach in history teaching. Ani.

Doll, W. E., Jr. (1993). A Post-Modern Perspective on Curriculum. College, Columbia University.

Fatimah, S., Yefterson, R. B., & Basri, W. (2020). Development of Students’ Competencies in Social Studies Learning by Using the Field Trip Method in Junior High School. In Proceedings of the International Conference On Social Studies, Globalisation And Technology (ICSSGT 2019). Padang, Indonesia: Atlantis Press %@ 978-94-6252-999-1 %U https://www.atlantis-press.com/article/125942843.

Gleason, N. W. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Springer Singapore %@ 9789811301933 9789811301940 %U http://link.springer.com/10.1007/978-981-13-0194-0.

Gusti, A. (2007). Memikir Ulang Regionalisme: Sumatera Barat Tahun 1950-an. Yayasan Obor.

Hales, A. (2018). The local in history: personal and community history and its impact on identity. Education 3-13, 46(6), 671-684 %U https://www.tandfonline.com/doi/full/610.1080/03004279.03002018.01483802.

Hardiana, Y. (2017). Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-peristiwa Lokal di Tasikmalaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1(1), 41 %U http://ejournal.upi.edu/index.php/historia/article/view/7008.

Hartati, E. (2018). Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-Peristiwa Lokal Di Kalimantan Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 9(1), 39-50 %U https://chem-upr.education/ojs/index.php/JIKT/article/view/35.

Hasan, S. H. (2019). HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 2 (April 2019). HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(2), 12.

Hawkey, K. (1995). History teaching and the council of Europe. Teaching History.

Hernina, N. (2020). Metode Sejarah. Satya Historika %@ 978-602-7859-14-2.

Hoskins, W. G. (1984). Local History in England. Addison Wesley Longman Limited.

Hunkins, F. P., & Hammill, P. A. (1995). Revisioning Curriculum in Higher Education. In Beyond Tyler and Taba: Reconceptualization the Curriculum Process. Simon & Schuster Custom Publishing.

Ismail, Etmi, H., & Gusraredi. (2019). Kerinci Pada Masa Pemerintahan Darurat Repubik Indonesia (PDRI) TAHUN 1948-1949. Gelanggang Sejarah, 1(1 %U http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1078582&val=16267&title=Kerinci%20pada%20Masa%20Pemerintah%20Darurat%20Republik%20Indonesia%20PDRI%20Tahun%201948-1949).

Lestari, S. U., Saraswati, U., & Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2).

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71 %U http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1158.

Maharani, S., & Asri, Z. (2020). Pengelolaan Situs Cagar Budaya di Kabupaten Agam: Rumah Gadang Angku Lareh ST. Harun (2012-2019). 2(4), 10.

Marsden, W. (2008). Sejarah Sumatra. Komunitas Bambu.

Maryani, L. (2018). Jejak Syiah Dalam Kesenian Tabot Bengkulu; Suatu Telaah Sejarah. Mozaic Islam Nusantara, 4(1), 18.

Miller, J. P., & Seller, W. (1995). Curriculum, Perspective and Practice. Longman.

Mulyana, A., & Gunawan. (2007). Lingkungan Terdekat : Sumber Belajar Sejarah Lokal. DAlam Sejarah Lokal Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Salamina Press.

Nur, M. (2017). Kerajaan-Kerajaan Sapiah Balahan, Kuduang Karatan- Kapak Radai- Timbang Pacahan Kerajaan Pagaruyung Abad Ke-20. Analisis Sejarah, 6(1), 21.

Rh. (2022). Wawancara Guru [Interview].

Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 79-94 %U http://journal72.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1515.

Sadzali, A. M., Anra, Y., & Putra, B. A. (2019). Program Studi Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jambi. 03(02), 18.

Sarwono, S. (2004). Bunga Rampau Melayu Bengkulu. Dinas Pariwisata Propinsi Bengkulu.

Sudarman, S., Amal, K., Halimy K, S., Rahmawati, R., & Wusqo, U. (2020). Local Trade in the Kingdom of Inderapura in the 17th-18th Century Ce. TSAQAFAH, 16(1), 35 %U https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/3889.

Supangat, A., Dillenia, I., Hasana, N. N., Pranowo, W. S., & Rustam, A. (2006). Identifikasi dan Inventarisasi Sumberdaya Arkeologi Laut di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Departemen Kelautan dan Perikanan %@ 978-979-3768-12-0.

Supardan, D. (2004). Pembelajaran Kesadaran Sejarah berbasis Pendekatan Multikultural dan Perspektif Sejarah Lokal, Nasional, Global dalam Integrasi Bangsa Universitas Pendidikan Indonesia]. Bandung.

Supriatna, N. (2011). Konstruksi Pembelajaran Sejarah yang Berorentasi pada Masalah Kontemporer Pembangunan. MIMBAR, 27(1), 10.

Taufik, A. (2005). Sejarah Lokal di Indonesia. Gajah Mada Press.

Wibowo, E. Y. (2015). Pengaruh Haji Terhadap Politik Islam Indonesia (tahun 1900-1945). Thaqafiyyat, 16(1).

Wiriatmadja, R. (2002). Pendidikan Sejarah Indonesia, Perspektif Lokal Nasional dan Global. Historia Utama Press.

Wiyanarti, E., Supriatna, N., & Winarti, M. (2020). Pengembangan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Yang Kontekstual. ACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(9), 67-74.

Yefterson, R. B., Anwar, S., Fatimah, S., Syafrina, Y., Naldi, H., Lionar, U., & Putra, A. (2023). Potential of Historic Sites for Independence Struggle as Indonesia's Main Tourism Assets in Padang City. Journal of Environmental Management and Tourism, XIV(8 (72)), 3069-3077 %U https://journals.aserspublishing.eu/jemt/article/view/8272.

Yefterson, R. B., Erniwati, E., Naldi, H., Lionar, U., & Syafrina, Y. (2020). The Relevance of Local Historical Events in Building National Identities: Identification in the History Learning Curriculum in Indonesia. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 23(1), 5.

Yefterson, R. B., & Salam, A. (2018). Nilai-Nilai Kesejarahan Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia (Studi Naturalistik Inkuiri Di SMA Kota Padang). Diakronika, 17(2), 204 %U http://diakronika.ppj.unp.ac.id/index.php/diakronika/article/view/228.

Yefterson, R. B., Syafrina, Y., & Lionar, U. (2023). The Monument of Heroic Events and Students’ Historical Imagination in Padang. Paramita: Historical Studies Journal, 33(1 %U https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/37089).

Ys. (2022). Wawancara Guru [Interview].


Article Metrics

Abstract has been read : 26 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v14i2.14147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats